Travel

Woow..! Begini Rasanya Rekreasi Di Dufan

Siapa yang suka jalan-jalan?? Akuu..aku.., begitu pertanyaan itu kulontarkan ke teman-teman sebagian besar langsung menyambar dengan jawaban demikian. Memang kebanyakan temanku adalah penghobi travelling, pun demikian dengan aku sendiri. Gelar traveller sudah disematkan kepadaku sejak kecil. Beberapa destinasi impian sudah pernah kujalani mulai dari gunung bromo, gunung loksado Banjarmasin, sampai pantai semayang Balikpapan. Bosan travelling di gunung dan pantai, wisata kali ini kujatuhkan pilihan ke Dunia Fantasi Jakarta. Siapa sih yang nggak tau dufan?? Mungkin dari ujung kulon sampai ujung wetan sudah pernah mendengar wisata yang satu ini. Bersama dengan adik perempuanku sambil gandeng tangan kulangkahkan kaki ini ke wisata yang terkenal itu. Aku yang baru tinggal di Jakarta selama dua hari sengaja mengunjungi dufan karena tidak afdol katanya kalau main ke Jakarta tidak rekereasi ke dufan. Rekomendasi dari temen juga Dufan merupakan objek wisata yang menawarkan wahana yang menguji adrenalin. Sempat ragu juga sebenarnya tentang kebenaranya?? Untuk memastikannya, pagi-pagi sekali aku membuktikannya dengen mengunjungi dufan

Akhirnya Bisa Rekreasi di destinasi impian “Dufan”

Benar saja setelah sampai di pintu gerbang dufan sudah disambut dengan musik dan nyayian. Membuat kepala ini manggut-manggut sambil bernyanyi “duuuniaaa fantasi kita..”. Dari kejauhan sudah terlihat loket tiket dengan antrian yang tidak terlalu panjang. Tua, muda, pasangan muda-mudi, akang teteh kuliahan, dan ibu-ibu arisan terlihat antri dengan tertib. Memang ini dufan kita semua. jadi, semua kalangan bisa mencoba berwisata ke dufan. Cukup dengan membayar 190.000 kita bisa mecoba semua wahana dunia fantasi. Taman bermain super guedee yang ada di ibu kota ini memang bener-bener taman impian buat semua orang.

Karena ini kali pertama berekreasi ke dufan. Aku tidak menyianyiakan momen langka ini. Langsung ku eksplorasi semua wahana yang ada. kuda-kudaan adalah wahana perdana yang dicoba. Dufan menamainya dengan turangga. Permainan ini semacam komidi putar dengan kuda naik turun seiring dengan berputarnya permainan. Anda yang masih belia berumur 7-10 tahun rekomendasinya adalah wahana ini.

Sambil Bergandeng tangan menikmati komidi putar wahana Turangga
Beranjak ketempat lain kulihat panjang antrian mungkin sampai 5 m. Ternyata antrian panjang itu adalah wahana ice age. Karena antrian terlalu panjang kuurungkan niatku untuk mencoba wahana ini. kuputuskan untuk melihat-lihat wahana lain, tak jauh dari wahana ice age kulihat ada seorang sedang berdiri tegap di depan satu wahana. Setelah mendekat ternyata bapak itu adalah salah satu kru yang ada di wahana hello kitty adventure. Dengan ramah dan bersahabat bapak itu mempersilahkan masuk ke hello kitty adventure. Ini mungkin salah satu daya tarik bagi anda yang tidak ditemui di tempat rekreasi lain. Bertahap kunikmati hello kitty advanture yang memiliki warna dominan pink. Yang menarik terdapat pemutaran film tentang budaya, kekayaan laut dan keindahan alam indonesia di dalam wahana hello kitty.

Kru Dufan yang selalu tersenyum, memberi kenyamanan kepada pengunjung
Usai keluar dari rumah boneka unyu-unyu hello kitty. Kucoba tiga wahana yang mungkin anda mikir dua kali untuk mencobanya. Ada niagara-gara, yaitu sejenis perahu air yang bisa dinaiki empat orang. Pertama naik sih.., kecepatan perahu pelan dengan hanya berjalan normal diatas air yang cukup tenang. Tetapi setelah perahu mulai naik perlahan membuat jantung bedegup lebih kencang. Dan akhirnya wuzzzzz.., perahu lansung meluncur dengan kecepatan tinggi dan cipratan air mengarah ke badan.
Keseruan Di Wahana Niagara-gara

Masih belum puas dengan itu langsung eksperimen lagi dengan wahana hysteria. Kulihat sudah ada manusia naik turun dari ketinggian dengan suara teriakan khasnya. Dengan perasaan takut akhirnya kami langsung mencoba hysteria. Lumayan membuat pusing dan bikin perut geli setelah dilemparkan keatas ketinggian dan langsung dijatuhkan dengan kecepatan tinggi.
Selanjutanya semua wahana pemicu adrenalin langsung menjadi eksperimen mulai dari halilintar, kora-kora, kincir-kincir dan tornado. Semua wahana ini membuat jantung berdebar kencang dan adrenalin anda akan terpicu tinggi. Tak perlu takut mencoba wahana yang ada di Dufan!!! Meskipun menantang dan mengerikan sistem keamanannya sangat memadai. Badan anda akan akan diamankan dengan safety body untuk menjamin keamanan. Jadi tidak usah khawatir terjadi hal yang tidak diinginkan.

Sistem Keamanan yang memadai d wahana tornado

lumayan tegang di wahana alap-alap
Pusing dengan wahana yang menantang selanjutnya mencoba wahana bianglala. Wahana yang santai namun memberikan kesan mendalam. Di wahana ini kita bisa melihat indahnya pantai ancol dari ketinggian dan pemandangan sekeliling dufan yang memanjakan mata. angin semriwing mengiringi anda ketika melayang di udara. Suasana dufan dan laut ancol terlihat dari atas bianglala. Kondisi tenang dan jauh dari hiruk pikuk kota jakarta.

Pemandangan Indah dari atas wahan bianglala

Banyak Tokoh Animasi di wahan ice age

Setelah tertunda mencoba wahana ice age di awal karena sesaknya antrian akhirnya pada sore itu antrian tidak terlalu panjang. kesempatan mencoba ice age tidak kami sia-siakan. Dari namanya sendiri sudah dapat ditebak “ice age” yang berarti zaman es. Sudah barang tentu wahana ini membuat badan merinding kedinginan. Benar saja baru antri di dalam wahana badan cukup menggigil karena begitu dingin menusuk tulang.  Agak misterius wahana yang satu ini karena mendengar suara orang teriak-teriak namun tidak mengetahui keadaan wahananya secara langsung. Trauma dengan teriakan orang histeris dan wahana pemicu adrenalin yang kita coba sebelumnya seperti niagara-gara,tornado dan halilintar adekku siva berkata,“Aku takut naik ice age kak?” begitu kata adekku siva ketika ingin mencoba wahana yang mengerikan ini.

“Tidak perlu takut dek aku disampingmu sambil menggandeng erat tanganmu,”!!! kataku meyakinkan adek tersayang untuk menaiki wahana ice age .
Mencoba wahana ini kita diajak berpetualang menyelusuri kartun animasi ice age. Dalam wahana Terdapat harimau, dinasaurus yang ada di kartun ice age. Saya sendiri tidak bisa membedakan itu asli atau hanya patung tiruan karena nyaris tidak ada perbedaan antara harimau, dinasaurus asli dengan patungnya.

dinasaurus super besar di wahana ice age
menjelajah dunia es di wahana ice age
Petualangan pun dimulai 


Wahana yang sederhana menarik dan membingungkan menurut saya adalah wahana rumah sesat. Kita diajak  Menyusuri lorong demi lorong yang gelap, di setiap sisi ada kaca yang membuat kita kebingungan mencari jalan keluar. Bayangan badan muncul di setiap sisi dinding. untuk menghindari terlepas dari adekku triknya adalah tetap  gandeng tangan selama mencari jalan keluar. Beberapa kali tersesat akhirnya sampai ke misi terakhir yakni menemui jalan keluar. Jika anda mencoba sendirian dipastikan butuh waktu lama untuk menyelesaikannya.

Tersesat di wahana rumah sesat
Teringat dengan kebisaan di kampung main arum jeram dengan ban truck bekas ternyata di dufan juga menyediakan wahana arum jeram. Arum jeram kali ini kita diajak mengitari semacam sungai dengan arus deras. menaiki perahu yang berputar seiring dengan arus tidak stabil yang menerpa. Air menyiprat dari dari segala sisi. Alhasil tubuh basah kuyup karena terciprat air arum jeram. Pokok dufan never ending fun dehh..!!!!

Nikmati menjelajahi sungia dengan wahana arum jeram
    Sekedar tips bagi anda yang ingin mengunjungi dufan. Silakan berekreasi di dufan ketika weekdays, karena weekend biasanya semua wahana penuh sesak dengan antrian panjang. Jika sudah demikian semua wahana tidak bisa kita eksplorasi. Coba wahana yang slow seperti turangga, bianglala atau Bumper Car terlebih dahulu kemudian baru mencoba wahana yang ekstrim seperti tornado dan halilintar. Jangan lupa bawa baju ganti untuk mengantisipasi jika baju yang kita kenakan, basah ketika menaiki niaga-gara ataupun arum jeram. 
Seharian penuh liburan seru di dufan, menikmati semua  wahana sempat terbesit di kepala dengan adanya wahana galeri belajar. Meskipun wahana hysteria dan ontang-anting memanfaatkan gaya gravitasi atau juga gaya sentripetal yang ada di pelajaran  fisika dan biologi. Juga pemutaran film budaya dan kekayaan laut Indonesia yang ada di wahana hello kitty. Namun belum ada wahana yang mengajarkan pelajaran sekolah secara langsung. Usulannya adalah mengadakan sebuah wahana ilmu pengetahuan secara langsung. Seperi bunyi ataupun amplitudo dengan sebuah alat gema ruangan, kelistrikan dengan alat peraga kelistrikan yang menarik, resonansi dengan pipa suara ataupun pelajaran lain.  Pengunjung  juga bisa belajar ilmu pengetahuan tentang alam, bumi dan isinya ataupun fenomena kehidupan yang terjadi secara langsung. Wahana galeri belajar yang berisi ilmu pengetahuan ini bisa dipadu dengan wahana permainan tradisional. Contohnya lompat tali, egrang, engklek dan permainan tradisional lain. dengan adanya permainan tradional itu selain memperkenalkan kebudayaan Indonesia juga menjaga agar permainan tradisonal tidak habis dimakan zaman.  Permainan tradisional dan galeri belajar dikemas dengan menarik dan menyenangkan sehingga tidak menimbulkan efek membosankan dan bisa menarik antusiasme pengunjung.
Sudah barang tentu ketika paduan wisata, budaya dan ilmu pengetahuan akan bergabung maka dufan bukan hanya tempat rekreasi yang menawarkan keceriaan dan kesenangan. Tetapi dufan ikut melestarikan budaya tradisional dan pelajaran edukasi secara langsung. Jika sudah diterapkan maka dufan juga bisa digunakan sebagai sarana sarana study tour atau wahana bermain edukasi untuk pelajar, mahasiswa dan umum .
Nah, ini dia yang sering terlupakan, senyum semangat setelah melapas penat seharian di dufan. Hutang, bayar kontrakan cucian di rumah mungkin sejenak terlupakan dengan senyuman ikhlas dari hati dari semua pengunjung dufan

Senyum Semangat dari Semua Pengunjung Dufan
Setelah berkunjung ke Dufan jangan lupa langsung koprol ke teman-teman bagaimana serunya wahana di dufan. Keseruan mencoba wahana kita ceritakan satu persatu. Maklum ini adalah pengalamanan pertama mengunjungi dufan. semua wahana bagi saya sangat berkesan.
Tiga kata deh buat ngegambarin keseruan di dufan Education, Excited and Never Ending Fun. Terakhir ini dia Video dokumentasi rekreasi di dufan :

4 thoughts on “Woow..! Begini Rasanya Rekreasi Di Dufan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *