Tips & Tutorial

Tutorial Corel Draw : Cara Membuat Flat Design

Flat desain ini biasa saya temukan di kios pulsa, warung makan, dan lapak jualan di pinggir-pinggir jalan. Tapi kalau mau digunakan untuk banner atau pamflet juga bisa banget tergantung kreativitas memadukan warna menjadi sebuah karya artistic dan elegan.

Beberapa social media icon juga memilih flat design sebagai logo. Kayak whatsApp, Line, twitter, dan baru-baru ini facebook pun ikut nimbrung pake flat design.  Pertimbangannya sih sederhana, mudah dibuat tapi memiliki filosofi yang mendalam.

Oke langsung ke tutorialnya ya. Ikuti langahnya secara bertahap, kalau misal ada kesulitan bisa langsung komen di kolom komentar atau japri saya di WA. Nomornya sudah saya cantumkan rapi di kanal about me

Langkah Pertama silakan buat lingkaran dengan ellips tools supaya ukurannya proporsional sambil tahan tombol ctrl di keyboard,

Terus tuh buat kata apa saja dengan text tools, disini saya buat kata “Baper” sesuai dengan perasaan saya saat ini yang lagi BAPER. Gunakan jenis font yang punya karakter radak tebal seperti Britannic bold atau Franklin Gothic Heavy.

Selanjutnya klik kanan pada kata baper pilih convert to curves untuk menjadikan teks menjadi kurva,

Habis itu gunakan extrude tool yang berada di tool box bagian kiri. Tarik hurufnya ke sisi kanan. Jika berhasil maka huruf akan membentuk bayangan hitam.

Selanjutnya pilih tipe bayangan di toolbar yang tersedia seperti pada gambar

Nah untuk memisahkan bayangan dan huruf asli yang kita buat pertama, langsung aja klik kanan pada object pilih break extrde group apart. Sekarang posisinya sudah terpisah antara huruf dan bayangan.

next step untuk memadatkan warna pada bayangan, langsung seleksi bayangannya, pilih ungroup objects, dilanjut dengan menyatukan objek bayangan dengan menggunakan weld di toolbar.

Pisahkan object bayangan yang ada di luar lingkaran kemudian hapus.

Tahap terkahir yakni pewarnaan, so far ada tiga objek yakni bayangan, huruf dan lingkaran. Silakan pilih warna sesuai keinginan yang penting jangan terkesan norak.

OK flat desainnya udah rampung, Kalau ada kesulitan bisa komen atau langsung japri saya. Tapi jangan datang ke rumah hanya untuk di ajarin flat design hehehe

5 thoughts on “Tutorial Corel Draw : Cara Membuat Flat Design

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *