Reportase

Sehari Bersama Bea dan Cukai

Hari selasa 17 November 2015 adalah sebuah hari sebagai media bagiku untuk menambah ilmu sekaligus liburan. Yaapss,. Bea Cukai tipe A tanjung periok mengundang para blogger untuk menghadiri acara dalam rangka memperingati hari anti korupsi sedunia yang jatuh pada tanggal 9 Desember. Ini bukanlah kali pertama aku mengikuti tour blogger yang diadakan oleh Bea Cukai. Sekitar satu tahun lalu aku juga mendapatkan undangan dari direktorat jenderal bea dan cukai yang diadakan di tempat yang berbeda yakni di bandara Soekarno Hatta. Mendapat undangan bea cukai bagiku adalah suatu kehormatan dan kebanggaan tersendiri.  Jarang sekali orang mengikuti acara yang diadakan oleh bea cukai bahkan bisa bercengkrama dan melihat secara langsung pengamanan dengan pengawasan ekspor impor yang di lakukan di pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.
Gedung Utama Bea Cukai Tanjung Priok
Pertama kali memasuki area pelabuhan tanjung periok yang aku lihat adalah hilir mudik mobil dengan peti kemas sebagai muatannya. Mirip banget seperti serial film film robot transformer tapi bedanya peti kemas di Tanjung Periok tidak bisa berubah menjadi robot hehe. Acara dilaksanakan di kantor pelayanan utama direktorat jenderal bea dan cukai Tanjung Priok lantai 5. Selain aku dan teman-teman blogger turut berpartisipasi juga mahasiswa dari ESQ business school dan mahasiwa fakultas ekonomi universitas Trisakti. Ruangan yang digunakan untuk acara lumayan luas dan mewah. Ketika bergabung dan membaur dengan para mahasiswa. Ada seorang mahasiwa yang bertanya kepadaku. “Kerja di kaskus atau di OLX mas blogger itu??” Dia bertanya sambil tersipu malu, sambil tersenyum ringan aku menjawab “kalau OLX atau kaskus itu kan lebih ke e-commerce mas, kalau Blogger mah kerjanya jalan-jalan terus nulis gitu hehehe!!”.
Acara pertama adalah diskusi dan presentasi dari beberapa pejabat tinggi Bea dan Cukai. Mereka adalah Bapak Fadjar Donny Tjahjadi sebagai kepala kantor, bapak Rulijanto sebagai Kepala pusat kepatuhan Internal dan bapak Rudi Rahmaddi sebagai kepala pangkalan sarana operasi Tipe B Tanjung Priok. Presentasi pertama dibuka oleh Bapak Fadjar Donny Tjahjadi. Bea cukai Tanjung Priok adalah sebuah badan yang bertugas untuk mengawasi hilir mudik barang masuk dan keluar negeri. Selain fungsi pengawasan Bea Cukai juga sebagai badan yang melayani pembuatan dokumen ekspor-impor dan layanan pengaduan. Seluruh aktivitas bongkar muat barang di pelabuhan Tanjung Priok merupakan wilayah kerja Bea dan Cukai. Sekitar 7000 Importir hilir mudik membawa tumpukan peti kemas dengan segala isinya. Sejalan dengan banyaknya orang yang dilayani maka aliran rupiah yang mengalir juga tidak sedikit. Milyaran bahkan triliun rupiah mengalir setiap tahunnya. Dari aktivitas ekspor dan impor di Indonesia 70% diantaranya dilakukan di Tanjung Priok Jakarta.  Dengan kesibukan itu sudah barang tentu Bea dan Cukai Tanjung Priok  merupakan garda terdepan dalam menghalang kecurangan seperti penyendupan dan terutama korupsi yang mungkin terjadi baik luar badan Bea dan Cukai lebih-lebih dari dalam organisasi Bea cukai itu sendiri. Banyaknya uang yang mengalir membuat Bea dan Cukai sangat riskan dijangkit penyakit KKN.
Para Pejabat Bea Cukai 
Setelah mendengar dan menyaksikan secara langsung proses kerja Bea dan Cukai. Sekarang sudah melakukan  reformasi besar-besaran. Untuk mencegah terjadinya korupsi dari luar maupun dalam organisasi Bea dan Cukai Tanjung Priok menerapkan sebuah trik jitu untuk menangkal kasus korupsi itu. jurus ampuh penangkal korupsi itu adalah TCL (Tolak, Catat dan Laporkan)!! Keren kan,
  • ·         Tolak : hal pertama dan utama yang dilakukan adalah tolak segala bentuk tipping atau sogokan yang sifatnya gravitifikasi atau hadiah.
  • ·         Catat : setelah menolak segala bentuk sogokan atau tipping yang mungkin saja di berikan oleh pengguna jasa kepabeanan langkah selanjutnya adalah mencatat data historis dari pelaku yang ingin melakukan tipping itu. Mulai dari nama, perusahaan terkait dan dokumen lain yang mendukung
  • ·         Laporkan : jika sudah ditolak dan dicatat maka langkah berikutnya adalah melaporkan kepada unit kepatuhan internal Bea dan Cukai untuk kemudian ditindak lanjuti. Tindak lanjut bisa berupa teguran, pemberian surat pernyataan kepada pengguna jasa yang memberikan tipping. Bea Cukai juga memberikan sebuah wejangan Bahwa pemberian tipping akan berpengaruh negatif dengan kualitas pelayanan. Adapun jika pekerja Bea Cukai yang terbukti menerima suap maka akan berujung  pemecatan karyawan, So., good by pekerja korup. Untuk lebih menanam rasa komitmen pemberantasan korupsi pada SDM (Sumber Daya Manusia) di lingkungan Bea dan Cukai. Semua SDM di bea cukai juga  mengantongi kertas komitmen untuk tidak menerima hadiah atau suap dalam bentuk apaapun. Hal demikian terbukti ampuh menangkal terjadinya korupsi di wilayah Bea dan Cukai.

Selain tiga cara itu dalam perekrutan karyawan baru pihak Bea dan Cukai menerapkan serangkain tes yang tidak mudah. Tes itu berguna untuk menguji kemampuan, kemauan dan kepribadian calon karyawan baru. Jika karyawan baru sudah lulus uji tes maka akan mendapatkan sebuah lisensi kepabeanan. Terus kalau gitu karyawan Bea dan Cukai amanah dan tanggung jawab semua dong…,??? yapps.., pastinya Bea dan Cukai terus melakukan perbaikan dan reformasi. Menjadi garda terdepan dalam hal pemberantasan korupsi. Saluran pengaduan pengguna jasa juga dibuka dari berbagai sisi. Bisa datang langsung ke kantor, melalui sms, telepon atau bisa melalui media sosial Bea Cukai Tanjung Priok.
Untuk lebih meningkatkan kinerja internal bea cukai terbentuklah unit kepatuhan internal. Boleh dibilang kepatuhan internal merupakan polisinya bea dan cukai. Unit kepatuhan internal ini menjalankan fungsi controlling atau pengawas kinerja seluruh elemen yang ada di bea cukai. Semua SDM yang bekerja di bea dan cukai diawasi. Sistem dan aplikasi yang dipakai dalam pengawasan juga sudah otomasi. Semua titik-titik sudah dilengkapi dengan kamera CCTV sebagai mata-mata yang tidak pernah lelah untuk mengawasi kineja SDM dan mengawasi tindak kriminal yang sewaktu-waktu bisa terjadi. Tugas unit kepatuhan internal selanjutnya adalah melakukan penilaian evaluasi kinerja. Semua cara itu adalah sebuah bentuk Peningkatan pelayanan kepada pengguna jasa Bea dan Cukai.
Setelah berdiskusi dan mendengarkan paparan dari beberapa pembicara Bea dan Cukai. Para peserta diajak untuk melihat-lihat secara langsung proses pelayanan dan pengawasan kepabeanan di lapangan. Pertama kita diajak berlayar dengan  kapal seri BC7002 milik pengawas laut Bea dan Cukai. Selain kapal yang aku tumpangi ini, pengawas laut Bea Cukai juga mempunyai banyak kapal untuk mendukung kinerjanya. Yang paling teranyar adalah kapal BC60001 yang baru diresmikan dua minggu yang lalu. Kapal pelumpuh itu dipesan melalui galangan kapal di Surabaya. Semua peserta termasuk aku sangat antusias ketika mengikuti pelayaran mengelilingi sekitar laut Tanjung Priok. Para punggawa kapal menyematkan pelampung satu persatu kepada semua peserta untuk menjaga keamanan selama pelayaran. Ketika kapal yang memiliki kecepatan maksimal 15 knot itu perlahan meninggalkan dermaga. Aku sudah membayangkan jika ada peristiwa penyelundupan atau kasus pelanggaran  lain yang mendorong para punggawa bea cukai beraksi. Kan enak kalau sambil tour melihat para pengawas laut yang gagah berani itu beraksi menggiring pelaku kriminal sandar di dermaga untuk kemudian diadili. Tapi ternyata sampai selasai pelayaran kondisi aman-aman saja tidak ada kejadian  atau peristiwa kriminal laut yang harus ditindak lanjuti. Meskipun demikian aku sendiri merasa sangat terhibur karena sekian lama tidak merasakan berlayar dan melihat keindahan laut. Praktis sekitar 4 tahun lalu aku terakhir menaiki kapal. pemandangan yang tersaji selama pelayaran dengan kapal sangat jarang kutemui. Tepian laut yang dihuni oleh tumpukan peti kemas, crane dan yang paling menyita perhatian adalah  tempat pelatihan pasukan katak kopaska Tanjung Priok sedikit mencuci mata dan menenangkan  hati. Ditambah kapal yang aku tumpangi  adalah kapal militer yang notabene kapal pengamanan negara.
Pemasangan Pelampung Sebagai Keamanan Berlayar 
Hadapi ini kalau berani menyelendupkan barang
Melihat Pemandangan Sekitar Laut Tanjung Priok
Para Punggawa Pengawas Laut Bea dan Cukai
Setelah melihat tugas pengawasan laut acara selanjutnya adalah menengok pelayanan yang diberikan oleh Bea dan Cukai tanjung priok. Peserta diajak ke  Hico Scan X ray double system. Di tempat itu semua mobil pengangkut peti kemas di periksa kesusaian isi dan muatan. Alat yang digunakan adalah X Ray dengan kekuatan tinggi. sekitar 1000 kali lipat dibanding x ray yang digunakan untuk kedokteran. Bayangin aja baja setebal peti kemas dan mobil besar-besar itu bisa di scan dan terlihat isi dan kandungannya. Dijamin deh  jika manusia yang terkena sinar X ray super duper kuat itu bakalan gosong dan kerempeng. So.., pengamanan di tempat itu juga ketat dan tidak sembarang orang bisa memasuki tempat itu.  Setelah melihat inspeksi dari peti kemas satu per satu peserta diajak untuk melihat pelayanan pembuatan dokumen ekspor impor yang tempatnya masih disekitar wilayah pelabuhan Tanjung Priok. suasana nyaman dan keramahan terlihat di wilayah itu. Konsep pelayanan 5 R (ringkas, rapi, resik, rawat dan rajin) diterapkan untuk menjaga kenyaman masyarakat dalam mengurus dokumen yang mereka butuhkan.
Pemeriksaan Double X Ray System
Pelayanan pembuatan dokumen Ekpor Impor 
Dari pengalamanku ini terlihat jelas bahwa bea dan cukai terus melakukan perbaikan dalam hal pelayanan dan pengawasan sesuai tugas yang diemban.  Dari tahun ke tahun pembenahan dilakukan hampir di semua sektor. Terlebih sebagian besar pelayanan yang diberikan sudah mempunyai lisensi ISO (International standard Organization) . Menandakan bahwa standar mutu pelayanan dan pengawasan selalu mengalami peningkatan baik kualitas maupun kuantitasnya. Selamat hari anti korupsi Indonesia. Bersihkan negara ini dari korupsi yang menyengsarakan!!!!

2 thoughts on “Sehari Bersama Bea dan Cukai

  1. Assalamu alaikum
    Maaf bila kata-kata kami kurang sopan.
    Untuk anda semua pemain togel, kami memberitahukan kepada anda untuk selalu berhati-hati dan terus siaga. Karena sudah banyak sekali yang mengaku bahwa dirinya sebagai orang pintar dan paranormal yang sering meramalkan angka togel online yang diiming-ingkan kemenangan. namun semuanya adalah kebohongan. Dari paranormal yang dapat kita percaya bisa membantu kita untuk memberikan angka togel yang akan keluar cuma Aki Balapati. mengapa kami bilang seperti itu? karna kami sudah membuktikan angka yang Aki berikan kepada kami yaitu(1154) jadi maka dari itu jika saudara ingin merasakan kemenangan didalam dunia pertogelan silahkan minta bantuan kepada Aki Balapati. insya allah angka yang Aki berikan bisa merubah hidup anda.

    Cara untuk bergabun langsung dengan Aki Balapati yang penting anda serius dan bener2 ingin mau di bantu untuk masalah angka togel 2 angka 3 angka 4 angka dijamin 100% akurat/tembus.
    Dan Untuk Bisa Mendapatkan Semua Angka Aki Silahkan Anda.

    CALL / SMS Di Nomor:085 392 332 888
    Jaminan 4X putaran 3x tembus 1x meleset
    Cuma 1 Lubang Tanpa BB.

    ..(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..
    «´ Ramalan nomor togel jitu ¨`»
    ..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..

  2. Hal yang tidak pernah terbayankan kini jadi kenyataan kepada keluargaku,,,kusus untuk AKI ALIH kami ucapkan banyak terimakasih yang sebesar-besarnya kepada aki. karena berkat bantuannya alhamdulillah keluarga kami bisa lepas dari hutang dan masalah, karena nomor “GAIB” untuk pasang togel, hasil ritual AKI ALIH memang benar-bener merubah nasib kami hanya sekejap,dan disitulah aku berkesempatan kumpulkan uang untuk buka usaha kembali,karena rumah juga sudah disita bank,,warung makan juga sudah bangkrut,,tapi itu semua aku masih tetap bertahan hidup dengan anak istriku,,walau cuma ngontrak tapi aku tetap bersabar dan akhirnya AKI ALIH lah yang bisa merubah nasib kami..maka dari itu AKI ALIH orang paling bersejarah di keluargaku…!!!jadi kepada teman-teman yang di lilit hutang dan ingin merubah nasib seperti saya silahkan hub AKI ALIH di nomor: 0823 1366 9888 atau dan dengan penuh harapan yakin dan percaya insya allah apa yang anda ingingkan pasti tercapai.ATAU KUNJUNGI BLOG

    KLIK DISINI 2D 3D 4D 5D 6D

    Hal yang tidak pernah terbayankan kini jadi kenyataan kepada keluargaku,,,kusus untuk AKI ALIH kami ucapkan banyak terimakasih yang sebesar-besarnya kepada aki. karena berkat bantuannya alhamdulillah keluarga kami bisa lepas dari hutang dan masalah, karena nomor “GAIB” untuk pasang togel, hasil ritual AKI ALIH memang benar-bener merubah nasib kami hanya sekejap,dan disitulah aku berkesempatan kumpulkan uang untuk buka usaha kembali,karena rumah juga sudah disita bank,,warung makan juga sudah bangkrut,,tapi itu semua aku masih tetap bertahan hidup dengan anak istriku,,walau cuma ngontrak tapi aku tetap bersabar dan akhirnya AKI ALIH lah yang bisa merubah nasib kami..maka dari itu AKI ALIH orang paling bersejarah di keluargaku…!!!jadi kepada teman-teman yang di lilit hutang dan ingin merubah nasib seperti saya silahkan hub AKI ALIH di nomor: 0823 1366 9888 atau dan dengan penuh harapan yakin dan percaya insya allah apa yang anda ingingkan pasti tercapai.ATAU KUNJUNGI BLOG

    KLIK DISINI 2D 3D 4D 5D 6D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *