Reportase

Royald Enfield Motor Tertua Di Dunia

Setiap kali ada acara yang berbau otomotif saya sangat antusias untuk mengikuti. Sekedar menambah pengetahuan otomotif dan melihat-lihat harga terkini otomotif di pasaran. Meskipun bukan berniat untuk membeli tetapi motif utama ketertarikanku terhadap otomotif karena basicku sebagai montir dan rasanya haus pengetahuan tentang dunia otomotif. Namun karena waktu, kesibukan dan kepentingan baru pada Kamis 14 Januari 2016 aku bisa ikut dalam sebuah acara peluncuran untuk pertama kalinya di Indonesia outlet motor tertua di dunia royald enfield.

  

  

 part royal enfield

Suasana Gerai Pertama Royald enfield


Pertama kali melihat lokasi aku sempat beranggapan bahwa ada pameran lukisan ataupun fotografi.  Jika dilihat dari jauh memang pameran motor kali ini di desain seperti pameran karya seni yang biasa aku lihat di museum. gerai dengan susunan yang rapi dan bergaya kalem nampak jelas terlihat. Tampilan dan visualisasi gerai juga dibuat klasik seirama dengan motor yang sedang di pamerkan. Namun mulai memasuki pintu terlihat beberapa motor royald enfield dan spare partnya berjajar dan tersusun dan memang sekilas seperti pameran lukisan.

Sebelumnya.,, motor gede yang aku kenal dari pabrikan dunia hanya sekelas harley, kawasaki dan sejenisnya. Ternyata motor pabrikan tertua adalah royald enfield. Motor ini pernah sampai ke puncak himalaya dan menjadi saksi bisu mencekamnya perang dunia 2. Royald enfield hadir tentunya menghidupkan kembali asa para pengoleksi dan pecinta moge klasik di Indonesia. Indonesia memiliki budaya bermotor yang sudah menyentuh semua lapisan masyarakat. Terbukti dengan adanya beberapa komunitas motor terutama yang berbasis motor gede. Meskipun royal enfield merupakan motor pabrikan luar negeri namun sudah didesain khusus sehingga cocok sekali dengan kontur jalan yang ada di Indonesia.

Jenis motor royald enfield yang ditampilkan di gerai pertama yang ada di Jalan pejaten barat no 5 bervariasi. Baik harga maupun spesifikasinya. Tersedia bullet motor tertua di dunia yang di produksi secara kontinyu sejak tahun 1932 yang harganya 68.000.000 untuk yang 500 cc. Ada juga royal enfield retro street model yang menjadi saksi bisu perang dunia 2 dan sampai sekarang tak lekang di makan waktu dengan harga 75.000.000.  Selanjutnya ada Classic Battle Green & Desert Storm dengan harga 76.000.000. Pada peresmian gerai pertama royald enfield juga memperkenalkan produk terbaru royal enfield yaitu rumbler 500- the definite highway cruiseryang dibandrol dengan harga 82.000.000.

rumbler 500- the definite highway cruiser
Mr. Rudratej Singh, president royald enfield mengatakan bahwa “Royald enfield sudah menjadi pionir kendaraan di India lebih dari setengah abad. Disana kendaraan digunakan untuk kendarran kota, keluarga atau hanya kendaraan santai komunitas”.


Berbagai perlengkapan safety riding

Selain kendaraan bermotor ternyata royal enfield juga menjual marchendising dan semua kelengkapan para pengendara. mulai dari sepatu, gesper, topi, sarung tangan dan beberapa kelengkapan safety riding yang tentunya bermerk royal enfield.  Spesial untuk para lifestyle journalist, blogger, motocycle community dan para penagamat fashion yang hadir di acara itu.  diadakan sebuah kompetisi livetwit dan instagram photo competition untuk para hadirin yang datang. Beberapa teman blogger yang memang sudah berjuang untuk memenangkan kompetisi itu akhirnya mendapatkan spesial gift dari royal enfield. 

Para Pemenang Photo Contest

2 thoughts on “Royald Enfield Motor Tertua Di Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *