OpiniReportase

Profesi Ini Tidak Libur Ketika Lebaran

Bagi saya setiap hari raya Idhul Fitri memberi sebuah kesan berbeda setiap tahunnya. Tahun kemarin masih jadi ulat, tahun berikutnya jadi kepompong dan sekarang udah jadi kupu-kupu (emang metamorfosis) hehehe. Mungkin kamu juga merasakan perbedaan itu seiring dengan bertambahnya usiamu dulu sampai sekarang. Dulu ketika mampir dan silaturahim lebaran ke keluarga akan dapat angpao. sekarang udah nggak lagi bahkan mungkin sekarang kita yang gantian ngasih angpao. Perbedaan status seperti yang dulu masih jadi mahasiswa dan sekarang udah jadi pekerja atau bahkan mulai membangun rumah tangga tentu akan berpengaruh terhadap siklus hidup kita.

Perubahan siklus hidup ini adalah sebuah keniscayaan. Tetapi perubahan ini tidak lantas merubah euforia lebaran Idhul Fitri 1438 tahun ini. Semaraknya Idhul Fitri membuat setiap orang tersenyum lebar, bukan karena ada ketupat dan tahu bulat yang ada di setiap meja . Tetapi karena kita semua sudah meraih semua kemenangan itu setelah berpuasa menahan lapar, nafsu dan dahaga sebulan penuh. Ditambah kita bisa libur sejenak dari rutinitas harian untuk berkumpul dengan handai taulan dan sanak keluarga di kampung.

Suasana Lebaran Bersama Keluarga

Sekilas sempat terfikir di otak saya. Ada nggak ya profesi yang nggak libur dan harus merayakan Idhul Fitri sembari menjalankan profesinya? Pastinya ada, menurut pengamatan saya baik itu secara langsung maupun dengan melihat beberapa media masa. Berikut ini adalah pekerjaan yang tetap menjalankan aktivitasnya ketika kita semua libur lebaran.

1. Ibu Di Rumah

Nah ini yang paling dekat banget dengan saya tetapi tidak saya sadari selama bertahun-tahun. Setiap lebaran tiba ibu seakan tidak istirahat, malah lebih sibuk dari biasanya. Bagaimana tidak? dia sibuk menyiapkan kue lebaran, hidangan lebaran dan kebutuhan lebaran lain. Pokoknya seabrek kerjaan dapur diselesaikan ibu sendiri.  Apalagi jika seorang ibu yang masih punya anak kecil. mungkin lebaran bikin sibuknya makin bertambah dua kali lipat.

Saya sih kadang-kadang aja bantu ibu. Itupun kalau saya nggak lagi sibuk main HP ? hehehe. Memang ada sih beberapa yang terima beres aja. pesan makanan dan kebutuhan lebaran yang praktis dan nggak pake ribet. Tinggal keluarin uang, udah semua akan tersedia tanpa sibuk masak di dapur. Tetapi ibu saya termasuk tipe orang yang “Mending Buat Daripada Beli”. Nggak boros dan bisa ningkatan kreativitas masak. Asek kan!!

2. Petugas Pengamanan Mudik/Polisi

Kalau ini udah jelas lah ya, kemarin waktu ada takbir keliling malah bapak polisi dan aparat keamanan lainnya sibuk dengan tugasnya. ngatur lalu lintas, Memastikan peserta takbir keliling dan yang nggak ikut takbir keliling juga aman.
buat pak polisi yang tugas waktu takbiran sampai sekarang. Saya ucapkan good luck pak polisi, Kamu keren!!!

Sumber : Infokyai.com

3. Professional Blogger and Youtuber

Mereka malah update konten ketika lebaran tiba. So, sudah dipastikan berarti mereka mulai membuat konten ketika H-1 atau waktu lebaran tiba. lihat aja chandraw liaow, agung hapsah dan anjas riski maradita. Mungkin banyak lagi ya youtubers yang update konten ketika lebaran. tetapi kebetulan beberapa youbers itu adalah channel yang udah saya subscribe. Tetapi kalau dilihat mah buanyak bangett…ngett. ngett lah jelasnya.

Nah kalau blogger juga tidak mau kalah update konten ketika lebaran tiba. Mereka ngedraft tulisan juga sebelum ramadhan pasti.  Banyak banget sih teman saya yang kayak gitu. Tapi saya nggak akan nyebutin, ntar mereka GR lagi hehehe.

4. Para Gamers Online 

Kemarin waktu saya beli kuota internet hari H lebaran. Busett deh anak-anak malah sibuk main game online. Bukan profesi sih sebenarnya tetapi lebih cenderung ke hobi. Jadi radak prihatin sih sebenarnya. Tapi ya mau diapain lagi. memang mereka passionnya itu. Yang penting nggak merugikan orang lain. Syukur-syukur kalau dapat menghasilkan uang dari main game online. Kayak reza oktovian contohnya. Bisa jadi orang kaya karena main game kemudian di upload di youtube.

Gamers Online Tetap Jalan Meskipun Lebaran

5. Wartawan/ Jurnalis

Kan nggak mungkin ya berita di TV, surat kabar atau koran malah libur karena idhul fitri, Justru momen lebaran ini dijadikan lahan empuk untuk mendatangkan penonton TV dan pembaca koran meningkat. Jadi para jurnalis yang mewartakan arus mudik dan balik itu tetap menjalankan aktivitasnya ketika lebaran.

Ahh tapi sekarang mah nggak usah terlalu khawatir. Dijaman milenial ini sekat jarak dan tempat udah bisa ditembus dengan sebuah teknologi. Yang  penting punya kuota internet dan smartphone di jamin rindu melaksanakan lebaran keluarga sedikit terobati. Apalagi sekarang kita bisa aktifin kartu perdana Super Ngobrolnya XL.
Jadi makin mudah komunikasi video call via LINE atau Whatsapp tanpa kuota.

Kalau mau nelpon juga tidak kalah murah hanya dengan biaya Rp 1/detik pakai kartu perdana XL.  Kalau lagi bosen juga bisa nonton youtube tanpa kuota. Sampe setahun lagi, kan bisa streamingan terus sampai bosen hehehe

6 thoughts on “Profesi Ini Tidak Libur Ketika Lebaran

  1. Sebagai blogger saya terpaksa libur, Mas Anjar (hiks) karena harus bertindak sebagai ibu. Sebagai ibu, benar2 gak ada liburnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *