Culinery

Mie Ramen Sekarang Sudah Ada Yang Halal????

           Tak terbantahkan bahwa Indonesia merupakan negara muslim terbesar di Dunia. Jumlah muslim Indonesia adalah sekitar 207.176.162 setara dengan 87,18% dari total penduduk Indonesia. Dengan tidak mengkesampingkan pemeluk agama lain. Banyaknya muslim di Indonesia sudah barang tentu makanan yang di konsumsi harus halal dan menyehatkan. Melihat kebutuhan makanan halal banyak restoran menjamur dan tersebar di ibu kota. Mulai dari rumah makan dalam negeri sampai kuliner luar negeri. Untuk kuliner dalam negeri biasanya restoran sudah mencantumkan label halal. Namun untuk kuliner luar negeri biasanya masih dipertanyakan kehalalannya. Banyak makanan luar negeri yang masih belum masuk dalam kategori halal.  Contoh saja mie ramen yang masih tergolong japanese food. Menurut isu yang berkembang ramen disinyalir mengandung ekstrak babi yang tidak bisa dikonsumsi oleh sebagian orang. Ternyata setelah mencari beberapa referensi ekstrak babi itu memang benar adanya terkandung pada kandungan ramen. Lantas bagaimana penikmat ramen Indonesia khusunya penikmat kuliner yang dilarang mengkonsumsi ekstrak babi untuk bisa menikmati ramen?? Adakah mie ramen yang sudah halal dan layak dikonsumsi oleh semua kalangan ???
Shoyu Chicken Ramen
            Berangkat dari masalah yang berkembang saya mengikuti undangan untuk gathering dengan komunitas blogger ditanggal 27 Mei 2015. Dari gatherig blogger saya mengikuti rangkaian acara peluncuran mie ramen yang sudah masuk dalam kategori halal. Nahh,. pembuat ramen halal ini adalah IPPUDO Indonesia. Ippudo adalah rumah makan japanese food yang sudah tersebar di beberapa negara salah satunya di indonesia. Pada acara gathering Ippudo Indonesia meluncurkan varian mie ramen halal khusus untuk para penikmat kuliner yang tidak diperbolehkan mengkonsumsi makanan yang mengandung ekstrak babi. Dengan diluncurkannya ramen yana halal dikonsumsi kini semua orang bisa menikmati mie asli jepang itu. Terus apa sebab ramen itu sudah dipastikan halal?? Apakah sekarang ekstrak babi sudah ditiadakan di komposisi ramen ?? Ya.., ekstrak babi yang dulu ditambahkan pada ramen sekarang diganti dengan ayam. Selain halal ramen juga dijaga kesegaran dan higienis. Bahan-bahan pembuatan ramen diproduksi langsung di gerai Ippudo termasuk juga pada pembuatan mie ramen.
IPPUDO Indonesia berada di Pasific place lantai 5 SCBD Jl Jendral Sudirman jakarta Selatan. Patung sumo besar langsung menyambut ketika berkunjung ke Ippudo membuat kesan japanese terlihat jelas. Interior yang elegan dengan warna dominan coklat disajikan oleh Ippudo indonesia. Mangkok, sendok yang biasanya di pakai untuk  menyajikan mie ramen di tempel di sisi dinding memberikan kesan unik di gerai Ippudo. Meja terbuat dari kayu dan variasi warna kursi sudah tertata dengan rapi. Tempat duduk yang disediakan pun cukup lega dengan beberapa pilihan sudut yang nyaman.
Patung sumo besar di depan Ippudo Indonesia

Interior yang ada di Ippudo Indonesia
Bagi yang masih ragu ingin mengunjungi ippudo indonesia silakan lihat referensi terlebih dahulu. Bisa di check di timeline twitter di @IppudoIDN atau juga bisa lihat gambar-gambar ramen ippudo yang bikin ngiler di @ippudoindonesia
           Dari tadi cuap-cuap terus, kapan makannya nih? Sabar.., Tenang. Semua blogger yang di undang IPPUDO dijamu dengan ramen khas IPPUDO Cuma-Cuma alias gratis. baru duduk sebentar,  lidah saya sudah dimanjakan dengan minuman jus es strowberry dan teh ocha. Menyusul kemudian disajikan ramen halal yang baru diluncurkan waktu itu. Ippudo mengeluarkan dua varian rasa ramen. Pertama ada  Spicy Chicken Ramen. Ramen jenis memiliki rasa pedas dengan beberapa taburan sambel yang di sisipkan di ramen. Sambel terbuat dari cabe-cabean segar dengan tingkat pedas nikmat dan bersahabat dengan lidah. Untuk mendapatkan kenikmatan dan rasa maksimal aduk sambel dengan rata sehingga kaldu dan dan sambel bisa tercampur.
Minuman Khas Ippudo 

Teh Ocha yang bisa menyeimbangkan yin dan yang
              Nggak suka dengan dengan rasa pedas Spicy Chicken ramen? Jangan khawatir Ippudo Indonesia sudah menyiapkan varian rasa ramen yang kedua yakni Shoyu Chicken Ramen. Berbeda dengan Spicy Chicken Ramen yang menonjolkan rasa pedas. Shoyu Chicken Ramen memiliki kaldu sedap ditambah dengan potongan jamur dan ayam  yang empuk dinikmati.  Anda yang tidak bersahabat dengan pedas dan takut perut mules. Mie ramen jenis ini sangat direkomendasikan untuk perut-perut dan lidah yang sensitif dengan rasa pedas.
Dua Varian Ramen Shoyu Chicken Ramen dan Spicy Chicken ramen
         

Edisi perdana menikmati Chicken Ramen

          Ketika pramusaji menawarkan antara Shoyu Chicken Ramen atau Spicy Chicken Ramen . Saya memilih menu Shoyu Chicken ramen. Subjektif banget ya mentang-mentang nggak suka pedas., hihihi. Setelah mencicipinya Rasanya memang sedikit aneh. Maklum ini adalah kali pertama menikmati ramen. Dari sekian banyak japanese food yang pernah saya coba hanya sebatas Tempura sama sushi. Menikmati ramen pertama, rasa mie ramen kenyal dan dipadu dengan kaldu yang masih anget dan mengeluarkan aroma sedap. Ramen juga ditambah dengan potongan ayam berbentuk bulat.
Tidak sama dengan makan mie instan atau mie ayam. ada teknik tersendiri mengkonsumsi mie ramen agar kenikmatan bisa maksimal. Sang koki kawakan Ippudo bernama “Mikami San” memperagakan cara memakan ramen. Ramen dimakan hangat dan langsung diseruput sampai berbunyi di mulut srup…srup.., Kendati koki memperagakan beberapa kali saya  sendiri tetap saja mengkonsumsi ramen dengan gaya makan mie instan hihihi.
teknik makan ramen diperagakan oleh “Mikami San”
          Selain mie ramen sebagai menu utama. Pada gathering peluncuran Chicken Ramen Ippudo   Indonesia juga menawarkan  appetizer yang disajikan pada semacam tatakan panjang dan disusun rapi dan indah dipandang. Banyak blogger yang menghabiskan waktu hanya untuk memfoto appetizer karena kesan estetis yang ada. Appetizer terdiri dari tiga makanan. Namun  perhatian saya tertuju pada spicy Srimp mayo. spicy Srimp mayo adalah udang lobster utuh dicampur krim. Cangkang yang ada pada kepala udang dipisah dengan daging badannya. Ketikasudah sampai ke mulut kres..kres..,. udang yang digoreng kering renyah dan gurih.
Appetizer yang disajikan untuk para Blogger
         Yang menarik dan tidak terlupakan adalah kata “Irraishimase”. Kata itu kerap kali diucapkan oleh pramusaji untuk menyambut para pengunjung gerai Ippudo yang baru datang. Irraishimase sendiri berasal dari bahasa jepang yang berarti selamat datang. Selain itu para pramusaji juga sangat sigap dan cekatan. ketika minuman saya habis pramusaji langsung menawarkan minuman pengganti.
Pramusaji yang selalu cekatan dan mengucapkan Irraishimase 

3 thoughts on “Mie Ramen Sekarang Sudah Ada Yang Halal????

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *