Opini

Menghadapi Peradaban Baru Dengan ASUS Vivobook Pro 15 N580VD

Lika-liku kehidupan memang sangat variatif, rencana menjadi sebuah kerangka tujuan hidup yang kadang membuat kita terlalu berimajinasi. Bagi orang yang hanya berimajinasi mungkin hanya akan mengalami stagnasi. Tapi bagi mereka yang bergerak mewujudkan impian tentu akan mendapatkan sesuatu yang dicita-citakan. Meskipun kadang kala apa yang kita cita-citakan tidak sesuai dengan kenyataan.

Sebagai penggiat media sosial di era milenial. Blog, Vlog dan desain grafis adalah sahabat akrab layaknya gundu untuk anak generasi old. Tidak ada rencana atau cita-cita untuk turun gunung di lembah netizen akut seperti ini. Hanya angin dan arus perkembangan teknologi yang akhirnya menjadikan saya berjibaku dengan dunia maya ini. Media sosial, blogging, vlogging yang dulu menjadi hobi yang sebagian orang menyangka hanya buang-buang waktu. Kini jungkir balik menjelma menjadi profesi yang sangat menjanjikan. Indikasi nyatanya adalah banyak kids zaman now yang sudah menjadi blogger, vlogger dan profesi lain di dunia maya.

Akhir 2013 saya mulai menggoreskan kata, menumpahkan ide dan gagasan di blog. Zaman itu masih sangat jarang saya temukan blogger aktif. Jumlah blogger di Kalimantan Timur mungkin hanya dalam hitungan jari tangan plus kaki. Hal ini terlihat dari minimnya komunitas yang menaungi. Sangat berbanding terbalik di era sekarang yang jumlahnya seperti buih di lautan, buanyaaak banget orang yang memilih berprofesi sebagai blogger, vlogger, ataupun activist media sosial. Inilah yang saya sebut sebagai peradaban baru. Sebuah peradaban dimana media maya menjadi sebuah dunia baru. Dunia para pembuat konten kreatif dengan persaingan yang begitu kompetitif.

Persaingan ini menuntut saya untuk terus belajar. Mengembangkan diri supaya tidak ditendang oleh zaman lantas tenggelam oleh waktu.

Dulu tuh kalau ngeblog, at least hanya sebuah tulisan plus foto dengan resolusi seadanya., viewnya bisa sampai 100an per hari. Nah sekarang, foto kualitas tinggi dan artikel yang ciamik aja jarang ada yang baca. Jangankan baca nglirik aja ogah!!

So, saya sendiri harus belajar untuk terus mempercantik konten. Mempertajam skill kepenulisan, desain grafis dan editing video. Tidak lupa juga teknik SEO dan web design menjadi bumbu yang semakin menambah gurih dan lezatnya konten. Jangan lupakan juga media sosial sebagai kendaraan yang mengantarkan artikel ini sampai ke pembaca. Seabrek keahlian ini harus dikuasai oleh activist sosial media. Ya,. Karena persaingan ini bukan hanya antara aku dan kamu. Melainkan melibatkan netizen seantero Indonesia bahkan dunia.

Untuk mempercepat proses belajar segudang keahlian baru ini. Seorang activist social media, blogger, maupun vlogger harus dilengkapi dengan sebuah alat perang yang memumpuni. Bukan.., bukan pedang atau martil. Hanya piranti berupa laptop yang mampu diajak ngapain aja, dimana aja dan kapanpun waktunya.

Saya sudah menggunakan laptop ASUS X441SA sejak SMA. Waktu itu laptop ini sudah lumayan gahar dikelasnya. Cukup buat mainan photoshop dan sesekai edit video pake corel video studio. Tapi menjelang era super milenial seperti sekarang, piranti saya gunakan itu terasa sudah usang. Untuk render video tiba-tiba langsung not responding, instal adobe premiere pro langsung closing. Akses internet pun lemot bikin kepala makin pening.

Momen ini lah saatnya saya butuh laptop baru dengan kualitas mumpuni. Laptop yang akan mendampingi saya untuk menjadi pembelajar yang baik di semua lini. Dari ujung rambut sampai ujung kaki harus punya intuisi dan kepekaan tersendiri. Menghasilkan konten yang ciamik dan mudah dimengerti.

Melalui sebuah kanal dan iklan akhirnya saya menemukan rekomendasi laptop yang sesuai untuk menghadapi peradaban baru masa kini. ASUS Vivobook pro 15 N580 adalah jawaban dari sebuah alat yang saya tunggu.  Kenapa harus ASUS Vivobook pro 15 N580? Kan ada tuh laptop merk lain atau asus dengan type dan processor yang sederajat. Okeh deh sabar ijinkan saya menyampaikan rasa yang mendalam, sebuah alasan yang sangat faktual yang terdiri dari 10 poin. Silakan disimak dan dicermati satu per satu. Saya yakin kamu juga akan memilih Vivobook pro 15 N580VD setelah baca alasan ini.

1. Processor & Storage

Ini pertimbangan pertama dan paling utama saat saya memilih laptop. Ibarat milih jodoh tuh cerdas pemikirannya kemudian juga bersih hatinya. Jika di analogikan hati dan pikiran itu processor maka ASUS Vivobook pro 15 N580 sudah sangat memenuhi kriteria jodoh yang saya idamkan. Kinerja laptop sudah dibekali dengan processor intel generasi ke 7 atau Intel® Core™ i7-7700HQ. Ditambah dengan RAM 8GB DDR4.

Dari segi ruang penyimpanan saya nggak usah khawatir, kapasitas yang diberikan ASUS Vivobook pro 15 N580 luar biasa lega sampai 1 TB. Foto dan video dengan resolusi tinggi bisa saya simpan sekaligus sambil nunggu jadwal editing. Mau transfer data juga super ngebut dengan berbekal port USB 3.1 Gen 1 yang kecepatan transfernya hingga 5Gbps.

Kegiatan yang sering saya lakukan seperti editing video, foto, nulis artikel bisa dilakukan secara bersamaan dengan processor tangguh ini. Jadi kalau editing pake after effect bisa sekaligus buka photoshop tanpa harus buka tutup aplikasi kerja satu-satu. Cukuplah pintu yang buka tutup, aplikasi di laptop jangan hihi.

More info, laptop saya sekarang ASUS X441SA masih menggunakan RAM DDR3, sementara ASUS Vivobook pro 15 N580 menggunakan DDR4 yang 33% lebih cepat dari DDR3 sehingga mempermudah kerja serba multitasking.

Kelebihan Intel® Core™ i7-7700HQ

  • Memiliki kemampuan pengakses tertinggi dengan turbo boost sebagai andalan pemrosesan sekaligus untuk meningkatkan clock speed.
  • Memiliki VGA khusus dan hyper-threading yang cocok untuk para pengguna aplikasi grafis, 3D maupun gamer
  • Prosesor tegangan standar memberikan kinerja 40% lebih baik daripada prosesor voltase ultralow Intel.
  • Tangguh dalam menjalankan proses software secara berulang​

2. Visualisasi graphic monitor.

Processor aduhai yang telah dimiliki ASUS Vivobook pro 15 N580 itu pastinya di dukung dengan sebuah tampilan graphic monitor yang setara. Graphic laptop sudah menggunakan NVIDIA® GeForce® GTX 1050 Gaming-grade. Ditambah dengan teknologi wide view, 72% NTSC untuk editing video dan 100% sRGB. Tampilan graphic semacam ini sangat bermanfaat untuk desainer grafis yang perlu detail warna dan keakuratan hasil. Buat main games seperti PES, dota maupun resident Evil sudah barang tentu akan mendapatkan tampilan yang lebih jernih dengan visualisasi yang tajam.

Kelebihan NVIDIA® GeForce® GTX 1050 Gaming-grade NVIDIA® graphics

  • Tampilan sangat jernih dan tajam
  • Menjadikannya laptop sempurna saat bermain game, menonton film atau saat mengedit video
  • Memiliki kekuatan untuk menangani tugas grafis dalam jumlah banyak sekaligus dengan mudah

3. Kualitas Audio Dengan Sound Terbaik

Kebiasaan saya sembari nulis atau desain grafis. Biasanya suka dengerin music alpha atau music instrumen supaya bisa menyeimbangkan otak kiri dan kanan. Setelah nulis juga sering refresh dengan nonton beberapa video clip atau video tutorial. Kabar baik dari ASUS Vivobook pro 15 N580 sudah dilengkapi dengan sound Harman kardon. Type sound ini dikembangkan sejak 1953.  Kualitas suara nyaring tetapi tetap jernih dengan smart Amplifier. Ada dua speaker stereo dualcoil yang memungkinkan menghasilkan suara bass dan treble yang seimbang. Cukuplah ya buat pala kita manggut-manggut.

Kelebihan audio Harman kardon

  • Kualitas suara jernih, suara lebih nyaman di dengar karena distorsi amplifier rendah,
  • Menghasilkan volume lebih keras 320% tetapi tetap seimbang dan tidak akan membuat rusak unit audio,
  • Menghasilkan suara bass yang lebih mendalam tetapi tetap halus

4. Desain dan Tampilan

Peradaban baru juga harus punya penampilan yang baru. Harus lebih keren dan caem ketika duduk manis bekerja di depan laptop. Kalau tampang saya pas-pasan setidaknya penampilan laptopnya maco. Jadi ada yang menutupi penampilan saya ketika bersanding dengan ASUS Vivobook pro 15 N580. Kegantengan itu bisa terwujud karena desain laptop ASUS Vivobook pro 15 N580 yang stylish dan kokoh. Over all body terbentuk dari alumunium berkekuatan tinggi. Laptop di design dengan corak warna gold sekaligus sebagai ciri khas ASUS Vivobook pro 15 N580. Warna gold ini membuat laptop terlihat mewah, gagah dan elegan.

Bang terus beratnya berapa? Ntar kalau keberatan bawa laptop pundak pege-pegel nih? Hihihihi. Poin ini bagi saya juga patut menjadi pertimbangan, terutama buat kamu yang masih dalam masa pertumbuhan hehehe. Namanya juga laptop sudah seharusnya mempunyai fleksibilitas tinggi.

Nggak usah risau apalagi galau mas, mbak, om, nyoya tante. Dengan ketebalan hanya 19.2 mm dan berat keseluruhan 2,2 kg, ASUS Vivobook pro 15 N580 adalah model tertipis dan ringan yang ditawarkan di seri VivoBook Pro. Ditenteng pake tas slempang hayuk, dibawa dengan tas backpack juga bisa.  

5. Durability

Dengan sejumlah fitur yang telah tersedia di laptop ASUS Vivobook pro 15 N580, pertanyaan kids zaman now di peradaban baru ini pun muncul? Pasti bakalan panas tuh laptop kalau dipakai main games lama? Apalagi buat belajar editing dan desain grafis? Tenang mbloo eh bro, ASUS Vivobook pro 15 N580 sudah dilengkapi dengan dual stainless steel fan. Pendeknya laptop ini punya dua kipas untuk melalukan Gaming-grade cooling process (proses pendinginan). Kipas juga secara otomatis menyesuaikan tinggi rendahnya suhu di dalam laptop dengan delapan kecepatan. Kipas dalam laptop berkerja bersamaan sehingga memperlancar sirkulasi udara untuk mengusir panas dalam laptop.

Kelebihan Dual Stainless Steel Fan

  • Meningkatkan kinerja dan performa laptop sampai 40%. Terutama dengan adanya Modul thermal dual copper pada sistem yang meningkatkan kinerja CPU dan GPU secara independent.
  • Sistem pendinginan yang kuat untuk memastikan kinerja laptop yang mulus dan stabil saat memproses beban berat seperti saat multitasking atau game maraton.
  • Mencegah over heat laptop karena dual stainless steel fan bisa menangkis panas berlebih dengan cara mengeluarkan panas dan menggantinya dengan udara segar.
  • Dual stainless steel fan memiliki noise atau tingkat kebisingan sangat rendah bahkan tidak ada. Jadi pengguna laptop bisa fokus bekerja.

6. Battery

Kemana-mana pasti yang kali pertama dicari kidz zaman now tuh colokan. Entah untuk smartphone atau laptop. Nah jika sudah punya Vivobook pro 15 N580VD kita tak perlu khawatir lagi untuk bepergian terutama di tempat-tempat yang minim colokan. Asal ketika berangkat pastikan laptop Vivobook pro 15 N580VD udah full charging. Nggak lama kok nunggunya, cuma dalam waktu 49 menit battery udah keisi 60 persen. Kira-kira sejam battery udah full dan siap untuk diajak mengerjakan tugas di luar.

7. Keyboard

Untuk blogger yang ingin tetap survive di peradaban baru seperti saya ini. Keyboard menjadi salah satu poin penting untuk menciptakan ketepatan dan kecepatan membuat konten. Terutama untuk menunjang pengetikan 10 jari yang sangat tergantung dengan typical keyboard. Keyboard ASUS Vivobook pro 15 N580 sudah memiliki keyboard full-size backlit. Di setiap tombol akan ada lampu kecil yang mengelilingi sisi setiap tombol. Jadi tidak hanya memudahkan, bagi saya keyboard seperti ini menambah tampilan laptop makin keren. Jarak setiap tombol hanya hanya 1.4mm semakin menambah kenyamanan untuk ngetik artikel atau laporan dalam jumlah banyak.

Keunggulan keyboard full-size backlit:

  • Desain sangat ergonomis sehingga mengetik lebih cepat dan nyaman tanpa berisik.
  • Jari jemari lebih nyaman karena desain dan rancangan posisi antar tombol
  • Perawatan dan pembersihan keyboard lebih mudah karena jarak antar tombol 1.4mm
  • Ada lampu penerang di celah-celah tombol keyboard, bisa sebagai penerang ketika ngetik di tempat gelap selain itu tampilan menjadi lebih keren.

8. Fingerprint Sensor

Untuk melindungi data penting kita supaya laptop tidak digunakan orang tanpa izin. Fitur Fingerprint Sensor ini sangat berguna. Hanya kita yang mampu untuk login ke windows dengan satu kali sentuhan jari. Mulai sekarang, katakan tidak pada orang-orang jahil yang sering bajak laptop orang hehehe

9. Sistem Operasi Windows 10

Nah sistem operasi terbaru yang saat ini ada adalah windows 10. Dengan sistem operasi ini membuat booting maupun shut down Vivobook pro 15 N580 berjalan lebih cepat. Aplikasi sesuai kebutuhan kita juga mudah di instal. Saya bisa terus update aplikasi terbaru tentu dengan fitur yang paling baru juga. Kemudian windows 10 juga sudah terproteksi Windows defender yang memungkinkan laptop kita aman dari serangan virus.

10. Harga Kualitas Sesuai

Terakhir,. lagi-lagi urusan kantong. Berapa emang harga laptop secanggih Vivobook pro 15 N580VD? Pasti 20 hingga 30 an juta ? ah kalau harga segitu mah saya juga akan melipir duluan. Dengan teknologi mutakhir dan kualitas laptop high end ASUS Vivobook pro 15 N580. Kita bisa memilikinya dengan harga 14-15 jutaan. Kalau menurut saya mah sesuai banget, Harga tidak akan membohongi kualitas kan. Terlebih ASUS dengan tagline nya number one in quality and service akan menyediakan layanan purna jual berupa garansi laptop selama 2 tahun

Dengan berbagai fasilitas dan kecanggihan inilah kenapa saya memilih ASUS Vivobook pro 15 N580 untuk bersaing di peradaban  milenieal seperti sekarang.  Sangat sesuai dengan ekpektasi saya untuk menjadi pembelajar guna meningkatkan kualitas konten supaya lebih ciamik. Semua hal bisa kita pelajari dengan ASUS Vivobook pro 15 N580. Mulai dari Grapdhic Desainer, video maker, blogger dan web developer.

Tentu alat yang bagus akan lebih maksimal kegunaanya jika di dukung dengan kemauan belajar yang tinggi. Sebab tidak hanya gear yang di update, melainkankan skill juga perlu di tingkatkan. Ya perbaduan antara skill tingkat tinggi dan gear yang canggih akan meciptakan sebuah konten yang berkualitas.  Menjadikan saya sebagai People creative zaman now yang mampu bersaing di peradaban baru.

6 thoughts on “Menghadapi Peradaban Baru Dengan ASUS Vivobook Pro 15 N580VD

  1. Asus tuh memang bagus karena. Bagi aku ketahanan baterai nya yang lama menjadi salah satu nilai tambah yang penting banget buat semua pengguna laptop

  2. Kalau spesifikasinya mumpuni kaya gitu, rasanya memang sudah pas baget jadi senjata andalanya blogger. Laptopku pun udah usang dan lemot, kayanya emang udah waktunya ganti. Udah ngincer sihh mau beli merk ini karena reviewnya bagus-bagus.

    Artikelnya komplit bangettt. Good job, boy 🙂

  3. Dari dulu aku juga salah satunya pake Asus Jar, terbukti oke banget soalnya. Btw, keren bangettt artikel lo Jar, lengkap dan informatif, suka!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *