Reportase

Melihat Tata Motors Di GIIAS 2016

Selama bergelut di dunia otomotif menjadi montir amatir di sebuah bengkel. Setiap harinya saya harus menghadapi beberapa masalah mobil dengan kerusakan yang sangat beragam. Perbaikan ringan maupun berat membuat saya bisa memilah-milah bagaimana mobil itu masih baik dioperasikan atau harus melakukan penggantian komponen dan service ringan. Semua mobil yang masuk ke bengkel memang kebanyakan adalah pabrikan jepang dan pengetahuan saya pun masih berkutat pada lingkup mobil itu itu saja. Pengetahuan saya tentang beberapa brand mobil dunia akhir terbuka ketika mengunjungi sebuah pegelaran otomotif terbesar di Indonesia yakni Gaikindo Indonesia International Auto Show 2016.

GIIAS 2016 Dilihat dari atas 
Semua mobil dari seluruh dunia turut ambil bagian pada acara yang diselenggarakan dari tanggal 11 sampai 21 Agustus ini. Tidak ketinggalan beberapa accesoris pendukung seperti kaca film, pelumas WD, lampu mobil sampai pada produk ban yang sering ditemui dijalanan juga ikut meramaikan. Teknologi terbaru juga banyak saya temui disini. Seperti mobil yang dikhususkan untuk difabel, mobil mewah lamborghini, ferrari dan masih banyak lagi yang lain. Tujuan diselenggarakannya GIIAS 2016 ini adalah manifestasi untuk mewujudkan Indonesia sebagai industri otomotif yang tangguh. Selama kurun waktu 24 tahun terakhir sejak penyelenggaraan pertama pada tahun 1989. GIIAS selalu ramai baik dalam hal peserta maupun pengunjung. Para pengunjungpun tidak hanya datang dari Indonesia.Beberapa penggemar otomotif luar negeri juga tampak menunjukkan antusiasmenya. 

Kesan pertama ketika masuk dalam sebuah pagelaran akbar otomotif yang diselenggarakan di sekitaran ICE, BSD Tangerang memang sudah nampak semaraknya. Di sepanjang jalan penuh dengan beberapa bendera yang bertuliskan acara GIIAS 2016. Sampai di depan hall 1 BSD beberapa pengunjung dan SPG cantik sudah menyambut. Anda diharuskan membeli tiket 50.000 untuk masuk ke dalam area Indonesia Convention Exhibition area . Harga yang menurut saya pantas karena di dalam kita bisa mencuci mata dengan tampilan mobil kece dari seluruh dunia. Untuk bisa mengekplorasi 10 Hall yang lumayan luas dari suguhan GIIAS ada tips tersendiri dari saya. Siapkan tenaga yang cukup dan usahakan sebelum masuk anda sudah makan hehehe. Jika ingin melihat dari atas anda bisa ke lantai 2 gedung ICE sembari melaksanakan shalat seperti yang saya lakukan kemarin.

Dari atas terlihat begitu megahnya acara GIIAS 2016 ini. Mata saya tertuju pada sebuah kata di sebuah papan reklame yang bertuliskan Kontribusi UKM dalam industri otomotif nasional. Tak jauh dari tulisan itu terdapat sebuah stand yang berada di booth 3F Hall 3A. Di tempat itu dipamerkan beberapa mobil yang memiliki cargo atau biasa disebut mobil niaga. Booth ini adalah booth Tata Motorss. Memang terdengar asing di telinga saya nama Tata Motors di industri otomotif Indonesia. Namun karena mobil yang ada disitu adalah mobil kece yang cocok untuk memulai usaha. Saya menjadi tertarik untuk mengunjungi booth itu.

Tata Ultra light truck

Di booth itu ternyata sedang dilaksanakan talkshow dengan bapak Wildan Bahtiar selaku marketing manager commercial Vehicle PT Tata Motors. Saya mengikuti sejenak dan mendengar pemaparan beliau. Tata Motors adalah sebuah brand otomotif asal India. Brand ini memulai kiprah di Industri otomotif Indonesia sejak 2013. Sampai sekarang dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun penjualan Tata Motors di Indonesia sudah mencapai 3000 units. Sebagai bahan pertimbangan mobil Tata Motors memang cocok untuk berniaga dengan taglinenya “Memajukan usaha bersama Tata Motors”.
Aspek yang biasanya menjadi pertimbangan dalam membeli mobil yang merupakan pemain baru di industri otomotif Indonesia adalah dealer dan service center. Saya pun sempat meragukan tentang keberadaan sparepart dari Tata Motors. Namun bapak Wildan Bahtiar menegaskan Tata Motors sudah membangun service center di beberapa wilayah seperti jawa Sumatera, Sulawesi dan Bali sebelum memulai penjualannya. Terlebih di tahun ini Tata Motors melakukan training kepada 1000 mekanik untuk meningkatkan pelayanan purna jual dari pembelian produk Tata Motors.

Tata ace X2 mokko

Salah satu mobil yang membuat saya mupeng ingin cepat-cepat berwirausaha adalah mobil Tata ace X2 mokko. Mobil ini berbentuk mobil pickup dengan kapasitas 700 cc. Jika dilihat sepintas mobil ini terlihat mungil dan ramping dan terkesan unik. Bayangkan saja mobil diesel yang berkapasitas 700 cc baru kali ini saya temukan. Mobil ini bisa mengangkut muatan sampai dengan 1 ton. Tata ace X2 mokko bisa dipesan by design tergantung usaha apa yang ingin anda geluti. Mau pesan design usaha untuk foodtruck yang mulai digemari di era sekarang sebagai sebuah penyaji makanan antimainstream.., tentu saja bisa!!!

Xenon XT 22

Mobil keluaran baru yang diperkenalkan di acara GIIAS adalah mobil tata ultra 1012 dan juga Xenon XT 22. tata ultra 1012 merupakan mobil light truk bermesin diesel dengan kapasitas 4 sampai dengan 7 ton dengan lebar bak 2,2 meter dengan panjang yang bisa dipilih antara 4-6 meter. Sebelumnya mobil ini sudah menjalani serangkaian tes lebih dari satu tahun dengan rute lebih dari 25.000 Km.
Mobil niaga selanjutnya yang turut diperkenalkan pada acara GIIAS 2016 adalah Xenon D-Cab 4×4. Nah kalau mobil ini cocok untuk medan berat seperti pegunungan dengan kontur tanah yang tidak rata karena mobil ini memiliki penggerak roda depan belakang yang sangat mendukung untuk melalui medan seperti itu. Double cabin yang dimiliki tata Xenon D-Cab 4×4 juga bisa digunakan untuk penumpang berjumlah 4 orang. Cargo mobil memiliki kapasitas maksimum 1 ton. Selain tangguh dalam hal tenaga. Mobil ini juga mampu melaju dengan kecepatan 160 km. Jadi antara tenaga, akselerasi mobil konsumsi bahan bakar bisa lebih efisien.
Selain mengunjungi Tata Motors saya juga berkeliling melihat-lihat banyaknya mobil mewah yang ada di GIIAS 2016. Terkadang di setiap booth memberikan sebuah souvenir dengan challenge tertentu. Seperti pada booth mobil 123 yang memberi suguhan games bermain mobil yang membuat kita merasakan bagaimana mengendarai mobil pada keadaan nyata. Tidak terasa setelah berkeliling waktu sudah menunjukkan pukul 20.00. Saya pun pulang menggunakan shuttle bus gratis yang disediakan di acara GIIAS 2016.

28 thoughts on “Melihat Tata Motors Di GIIAS 2016

  1. Setuju benar bahwa aspek paling penting Setelah membeli mobil adalah ketersediaan dealer service center dan mekanik yang handal ya Mas. Untungnya Tata Motor sudah memiliki Dukungan ini untuk para pelanggannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *