Reportase

Marketeers Creativity Day dan Diskusi Blogger

Setiap kali mendengar acara yang melibatkan UKM saya selalu tertarik untuk mengikuti. Selain wirausaha adalah cita-cita saya, background program kuliah yang saya ambil juga kental sekali dengan namanya entrepreneur. Seperti acara yang saya ikuti pada Hari Minggu 28 Februari 2016 di Gedung smesco rumah UKM jln. Gatot subroto Jakarta Selatan. Sebuah acara bertajuk marketeers creativity day Soul Ofbandung. Dilihat dari nama acara yang diusung yaitu Soul of bandung maka dapat dipastikan bahwa elemen yang terlibat didalamya merupakan para pengusaha dan start upyang berasal dari  bandung. Benar saja, setelah saya menginjakkan kaki di depan gedung smesco untuk kali yang pertama. saya sudah disambut oleh kerumunan para pejabat kota bandung termasuk Ridwan Kamil walikota bandung. Tak ingin menyianyiakan kesempatan, saya mengambil pose berfoto dengan walikota yang sudah mengabdi dan membawa perubahan di kota Bandung itu. Selain pejabat kota Bandung beberapa pejabat tinggi seperti menteri koperasi dan UKM juga turut hadir pada acara Usaha Kecil dan menengah itu.

Berpose dengan Ridwan Kamil
Memasuki gedung Smesco saya mendengar alunan pelan musik seruling khas bandung. Suasana menjadi sangat kental dengan aroma sunda, baik itu dari segi tampilan, gerai yang berdiri termasuk mayoritas bahasa percakapan yang dipakai yaitu Bahasa sunda. Di dalam gedung Smesco, berjajar rapi gerai-gerai UKM Bandung dengan segala produk kreatifnya. Ada yang membawa produk kerajinan, fashion, jewelries dan yang paling menarik tentunya kuliner khas bandung. Perhatianku tertuju di stan seorang pemuda yang berhasil menciptakan sebuah media tanam  dari lumut. Kretifitasnya berhasil meraih juara 3 lomba ide bisnis nasional yang diadakan oleh kementerian koperasi dan UKM. Semua pengunjung menelusuri gerai setiap produk untuk sekedar melihat dan tentunya jika sudah pas dihati akan membeli produk asli hasil UKM itu. harga produk UKM bervariasi, contoh saja nasi kepel dan dodol yang hargaya dalam kisaran Rp 5000- Rp 20.000. Nah untuk produk kerajinan dan fahion harganya sekitaran 50.000 hingga 300.000-an.  Harga yang cukup terjangkau di kantong para mahasiswa seperti saya.  Selain UKM bandung yang menunjukkan keahliannya dalam acara marketeeers day Soul Of Bandung itu  ada pagelaran fashion serta hiburan berupa music band dan akustik yang membuat semua pengunjung tetap ingin berlama-lama di dalam gedung galeri Indonesia Wow.
Wayang golek khas bandung
  
Ide bisnis media tanam dari lumut

Beberapa hasil Olahan Produk UKM Bandung

Puas menikmati kuliner dan melihat-lihat produk UKM khas bandung, saya dan teman-teman blogger mengkuti diskusi bersama bapak anto selaku wirausahawan yang membagikan tips bagaimana menjadi seorang blogger yang professional.
Bagaimana Menjadi Profesional dan Mempunyai Nilai Jual Tinggi ???
Pak anto eksportir sukses produk kulit memberikan materi bagaimana menjadi sebuah seorang blogger yang lebih professional dan mempunyai nilai jual yang tinggi. Pertama kali pak anto membuka perbincangan saya sudah dibuat kaget dengan kata-kata beliau yang mengungkapkan bahwa profersi blogger adalah profesi yang terpaksa diambil dan kebanyakan yang bergelut menjadi blogger adalah orang-orang susah. Cukup menyentil telinga saya yang notabene mempunyai hobi ngeblog. Setelah sedikit menganalisis ternyata ungkapan pak anto itu adalah sebuah motivasi pembakar semangat para blogger yang hadir. Harapan pak Anto blogger menjadi lebih professional dan mempunyai nilai jual tinggi dengan kalimat pembakar itu. Lantas apa saja tips untuk menjadi seorang blgger yang professional ??? Beberapa syarat dan tips dibagikan oleh bapak yang tinggal di sekitaran cempaka putih itu. Blogger harus mempunyai relasi yang banyak. Tidak ada alasan untuk menjadi blogger yang kudet (kurang update) dan kuber (kurang bergaul). Rekan-rekan blogger menjadi sebuah kekuatan tersendiri  untuk terus aktif ngeblog dan meraup keuntungan dari aktivitas ngleblognya.  Namun demikian kurasi blogger profesional tidak akan bisa dicapai jika tidak ada simbiosis mutualisme antara tiga elemen yakni produsen (owner), controller dan blogger itu sendiri. Terakhir eksportir itu mengungkapkan bahwa jangan menjadi blogger yang memliki mental block. Artinya selain sebagai promotor blogger juga berfungsi untuk menyampaikan dan berbagi kebaikan ke sesama.

Selain bapak anto turut hadir pula bapak ahmad Zabadi selaku ditrektur utama LLP Smesco. Beliau mengungkapkan Smesco sebagai sebuah media yang ingin memberikan sebuah kemudahan para UKM untuk mengembangkan usahanya. Beberapa kemudahan yang diberikan diberikan Smesco antara lain adalah membantu promosi produk, branding, dan tentunya fasilitas tempat di gedung Smesco dengan harga terjangkau. Dengan beberapa kemudahan yang ditawarkan itu bapak ahmad zabadi berani untuk membandingkan  harga sewa gedung di tempat lain. Jika ada gedung serupa yang menawarkan kemudahan yang sama dengan harga lebih murah smesco berani menurunkan harga sewa ruangan di smesco. Peran smesco tidak hanya sekedar display atau hiasan. Smesco adalah sebagai kawah candradimuka atau tempat untuk menggembleng  UKM yang sedang berkembang ataupun start up lokal. Dengan adanya smesco pertumbuhan UKM di Indonesia diharapkan akan terus mengalami peningkatan sehingga bisa membantu pemerintah dalam menguatkan ekonomi nasional. Jika dilihat pada krisis ekonomi orde baru UKM lebih menunjukkan konsistensinya dibanding perusahaan besar yang lebih banyak gulung tkar di era tahun 1998. Selain itu data menunjukkan bahwa UKM memberikan sumbangsih 57% terhadap PDB dan tentunya menyerap banyak tenaga kerja di Indonesia. Smesco sebagai ruang diskusi dan bertemunya satu UKM dan UKM lain yang akan membangun kerjasama yang saling menguntungkan.  

One thought on “Marketeers Creativity Day dan Diskusi Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *