Lifestyle

Mama…!! Pilihkan Aku Smartphone Yang Aman

            Zura adalah nama panggilan adikku.  Anak terakhir dari 3 bersaudara dari pasangan aris dan ani orang tuaku. Umurnya sekarang sudah 6 tahun. Dimasa tumbuh kembangnya yang mulai unyu-unyu nan menggemaskan. Dia mulai mengenali benda-benda disekitarnya. Semua benda di sekelilingnya dianggap mainan. Kadang kala benda berbahaya seperti pecahan kaca ataupun obat-obatan dijadikan sebuah objek untuk mengeksplorasi keinginannya bermain. Tak terkecuali dengan alat elektronik seperti remote tv. Dia tekan-tekan semua tombol yang ada di panel control remote. Tidak ada maksud untuk mencari acara TV. Hanya memang kelakuan dan kebiasaan dia mengenal sesuatu yang baru. Rasa ingin tahunya yang sangat besar membuat aku kadang kala merasa bosan meladeni pertanyaan-pertanyaan yang dia ajukan.

             Suatu saat anak yang lahir pada bulan Januari 2010 itu melihat mama dan papa berkomunikasi dengan smartphone. Adikku mencoba untuk bertanya kepada mama dengan bahasanya yang masih terbata-bata. Setelah tidak sabar melihat mama sering bermain smartphone. Zura langsung meminta smartphone sambil merengek meskipun mama tidak memberikan smartphone itu ke Zura. Selain memang usianya masih terlalu kecil dia masih belum terlalu mengerti cara pengoperasiannya. Dia berpikir smartphone hanya untuk bermain. Hal  yang paling ditakutkan oleh mama adalah Zura akan kecanduan smartphone. Selain itu, konten dewasa yang bisa saja tidak sengaja terakses melalui smartphone.  

         Tidak tega melihat anaknya yang terus merengek, mama pun memberikan smartphonenya meskipun tau bahwa Zura belum waktunya untuk memainkan sebuah alat yang bisa berdampak negatif terhadap tumbuh kembangnya jika kecanduan.  Benar saja, setelah meminjam smartphone dari mama. Zura kadang kala lupa waktu sampai lupa makan. Bahkan Tak jarang, dia tidur sambil memegang smartphone dengan kedua tangannya. Mama yang sering disibukkan dengan pekerjaan rumah sebagai ibu rumah tangga tidak bisa intens mengawasi Zura yang mulai ketergantungan dengan Smartphone. Akhirnya aku mendengar ada sebuah smartphone yang aman dipakai untuk anak-anak. Smarphone  Acer Z320. Sebuah smartphone yang memiliki fitur khusus yang aman bagi anak.

Fitur Yang Bisa Dinikmati Di Menu Kids Center

            “Apa saja keistemewaan smartphone  ini?? dan kenapa aman digunakan untuk anak-anak??” beberapa pertanyaan itu terlontar dari mama. Akupun menjawabnya sesuai informasi yang aku tahu.

Keistimewaan smartphone acer Z320 yang paling menonjol untuk adik yang masih berumur 6 tahun adalah aplikasi Kids center. Sebuah fitur yang baru pertama muncul dan merupakan aplikasi pre install yang berisi konten khusus anak-anak. Dalam aplikasi kids center terdapat berbagai macam fitur yang bisa dimainkan seperti mewarnai gambar, main game dan beberapa pilihan lain sesuai dengan umur dan kebutuhan anak. Galeri foto kids center juga dipisahkan dengan galeri foto utama sehingga anak tidak akan melihat foto utama dan bebas berekplorasi dengan smartphone ini. Tidak itu saja, ternyata acer juga memberikan perhatian terhadap sisi keamanan pengguna ponsel. Fitur bluelight namanya. Dinamakan bluelight karena fitur keamanan ini berfungsi untuk mengurangi kadar cahaya biru yang keluar dari ponsel sehingga kelelahan mata akibat menatap ponsel bisa diminimalisir. “Nah seperti itu ma!!” Kataku setelah menjelaskan panjang lebar tentang acer Z320 kepada mamaku.

Kids Center Menu Khusus Untuk Anak Yang Ada Di Smartphone Acer Z320
           “Namun apakah iya setelah ada fitur kids center acer Z320 benar-benar aman untuk Zura adikmu??? apa yang bisa dilakukan orang tua untuk mengawasi anak ketika memakai smartphone??” Kata mamaku masih ingin mengintrogasi.
             “Tidak juga ma!!”kataku menjelaskan lagi. Semuanya tergantung pengawasan dan kebijakan orang tua untuk mendidik anaknya dalam memakai smartphone. Sebagai orang tua yang cerdas, maka sudah menjadi kewajiban untuk mendidik anak sesuai dengan porsinya. Artinya tidak terlalu membatasi pun tidak terlalu membebaskan. Selama kelihatannya masih bermanfaat dan Zura masih nurut ketika dinasehati. Maka sudah menjadi kewajiban mama untuk memfasilitasi Zura dengan smartphone. Anak kecil seperti Zura bak seutas kertas putih polos tanpa noda. Mama lah yang akan mengisi butiran warna dan bentuk dari kertas itu. entah itu akan diisi dengan sebuah tinta hitam yang cenderung membuat anak ke arah negatif atau diisi dengan hal yang positif yang akan membuat anak melakukan hal-hal yang bermanfaat.
            “Untuk menghindari kecanduan anak dari smartphone mama bisa gunakan waktu maksimal untuk memakai smartphone dalam sehari. Misal untuk sehari Zura hanya bisa memakai smartphone maksimal 2 jam. Nah setelah menggunakan smartphone dengan segala kecanggihan dan aplikasinya. Sudah sepantasnyalah untuk mengenalkan anak dengan website yang mendidik yang bisa mempelajari budaya maupun agama melalui smartphone. hal itu harus dilakukan sehingga asupan teknologi tetap seimbang dengan agama dan kultur budaya ketimuran di Indonesia..!!” Begitu aku menjelaskan ke mama beberapa pengetahuanku mengenai tips mengawasi anak-anak dalam memakai smartphone.
    “Nah terus harganya berapa ??” Itu dia hal terakhir yang ditanyakan oleh mamaku.  “Untuk acer Z320 dibandrol dengan kisaran harga Rp 999.000. Harga yang lumayan terjangkau dan pantas jika dibandingkan fitur khusus untuk anak yang ditawarkan.” Sete;ah mendengar penjelasan semuanya dari aku. Kini mama tidak ragu lagi untuk memberikan sebuah smartphone Z320 ke si kecil Zura.”

Acer Liquid Z320, Cocok dan Aman Untuk Anak Anda 


         Setelah menjelaskan fitur kids center ke mama. Dalam benakku masih bergejolak beberapa pertanyaan. Apakah smartphone ini hanya bisa digunakan untuk adikku saja yang masih dalam kategori anak-anak??? Pertanyaan itu terngiang di benakku ketika smartphone Z320 ada fitur kids centernya. Nah ternyata pertanyaan itu terjawab ketika aku menelisik spesifikasi dan beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh acer Z320.

Spesifikasi Acer Liquid Z320
  • Tampilan

       Acer Liquid Z320 memiliki desain curve dengan ukuran layar IPS LCD Capasitive 4,5 beresolusi 480 x 854 pixel dan 16 juta warna. Ukurannya tidak terlalu besar dengan total dimensi 136 x 66.5 x 9.6 mm. Sangat ergonomis, nyaman dipegang dan dapat dioperasikan dengan menggunakan satu tangan. Beratnya pun hanya 142 g.  Desainnya sporty dan keren menegaskan bahwa smartphone ini tidak hanya digunakan untuk anak-anak melainkan juga untuk semua kalangan.
  • Kamera ponsel cukup untuk narsis

       Anda suka senyum, nyengir atau ekspresi lain di depan kamera. Acer Z320 sudah mendukung kebiasaan anda itu dengan kamera depan beresolusi 2 MP. Untuk kamera belakang 5 MP dilengkapi juga dengan Autofokus LED Flash  dan Voice Camera Control.

Narsis Dengan Kamera Belakang 5 MP & Depan 2 MP

  • Processor cepat

      Kinerja smartphone tentunya sangat ditentukan oleh jenis processor sebagai otak dari smartphone. Processcor yang ditanamkan di smartphone ini juga memiliki performa bagus dengan Qualcom snapdragon 210 dan RAM 1 GB.  Untuk versi OS acer Z320 mengusung versi 5.1.1 Lolipop. Dengan processor seperti ini kita dapat bermain game atau menjalankan aplikasi lain dengan lancar. Kapasitas memori internal 8GB dan microSD yang telah disediakan kapasitas maksimal hingga 32GB. Tentunya untuk file multimedia seperti musik dan video dapat disimpan di memori eksternal.

  • Audio Sound
Dengarkan Musik Lebih Nyaman Dengan DTS Studio Sound 

    Acer Z320 menambahkan fitur bagi pencinta music. Dengan berbekal DTS Studio Sound, menghasilkan kualitas output audio maksimal sehingga mendengarkan musik jadi semakin seru. Music instrumental bisa diputarkan untuk anak melalui acer liquid Z320  sebagai alat untuk menyeimbangkan otak kiri dan kanan serta sebagai alat untuk Menstimulasi anak melalui music. Nah setelah memutar music hal yang paling dikhawatirkan adalah daya battery. Tenang saja, ketahanan baterai cukup lumayan untuk orang dewasa dan anak anda dengan daya Baterai 2000 mAH.

       Nah, dengan demikian sudah terbukti acer Z320 akan aman digunakan untuk anak dan pas untuk orang dewasa.

25 thoughts on “Mama…!! Pilihkan Aku Smartphone Yang Aman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *