Maksimalkan Fungsi Tubuh, Selamatkan Bumi Bersama Prelo

Posted on Posted in Opini

Ada sebuah pertanyaan yang selalu menarik untuk dibahas terutama oleh setiap kalangan yang peduli terhadap lingkungan. Apakah yang terjadi jika manusia terus menetap di bumi? Apakah bumi akan lestari atau justru malah hancur? Kedua jawaban lestari atau hancur ini sama-sama memiliki potensi benar. Sama-sama berimbang dan terlalu dini untuk memutuskan jawabannya. Lebih dari itu, marilah kita lihat fenomena yang sudah terjadi di bumi yang telah dihuni manusia selama 200 ribu tahun ini.

Faktanya manusia di bumi mengalami peningkatan kuantitas yang cukup signifikan. Sampai saat ini jumlah manusia di bumi terus bertambah hingga menyentuh angka 7,5 milyar orang. Jumlah sebanyak itu butuh yang namanya pangan, sandang dan papan. Belum puas dengan kebutuhan pokok itu manusia juga terus bergairah untuk mendapatkan  kebutuhan sekunder dan tersier.

Sebagai mahluk yang dibekali akal dan fikiran. Akhirnya manusia terus menggali potensi bumi untuk memenuhi segala macam keperluan hidupnya. Menemukan aneka teknologi, membangun gedung tinggi dan melahirkan peradaban di muka bumi.

Perilaku dan pola kehidupan manusia ini ternyata menimbulkan dampak yang cukup besar terhadap bumi. Sejak peran manusia direduksi dan digantikan oleh mesin pada revolusi industri.  Menjadikan keseluruhan model alat bantu dan peralatan sudah mengalami otomatisasi. Bahan bakar fosil pun terus di eksplorasi. Sejalan dengan bertambahnya mesin yang harus menggunakan injeksi olahan minyak bumi.

Sejak terjadinya revolusi industri itu. Muncul keinginan untuk terus berinovasi dengan teknologi. Semua alat bantu manusia terus mengalami eskalasi. Smartphone yang saya pakai detik ini mungkin saja tergolong masih canggih. Tetapi esok hari bisa jadi sudah usang karena ada generasi baru smartphone. Laptop yang saya gunakan untuk ngeblog sekarang masih terlalu tangguh dengan processor high end. Tetapi niscaya besok akan muncul keluaran laptop terbaru dengan teknologi setingkat lebih canggih. Begitulah seterusnya perkembangan teknologi. Lebih cepat dari derak nafas dan lebih kencang dari roller coaster yang terus menghempas.

Bagai tahu bulat yang digoreng dadakan kemudian diserbu banyak orang. Produk dengan teknologi baru yang keluar di pasaran ini disambut baik oleh manusia. Terlebih dari segi fungsi produk itu akan semakin mempermudah aktivitas. Hasilnya banyak sekali produk baru di pasaran dan produk bekas menumpuk di gudang.  Lambat laun produk yang memenuhi tempat itu akhirnya dibuang di sampah tanpa ada pemanfaatan.  Status yang dulu merupakan produk baru dan dipuja akhirnya menjelma menjadi onggokan sampah tak berguna.

Akhirnya inovasi produk yang prosesnya menggunakan tenaga berbahan bakar fosil itu. Menghasilkan sampah produk bekas yang terlindas oleh produk teknologi baru. Sampah dari bahan bekaspun ada dimana-mana. Bahan bakar fosil terus berkurang jumlahnya. Atmosfer pun terus menipis karena sampah yang menghasilkan karbon monoksida, dan bumi semakin panas keadaannya.

Dari fakta ini, apakah sudah bisa ditarik kesimpulan bahwa bumi ini akan hancur jika manusia menetap dengan segala aktivitasnya? Tidak, manusia rasanya belum terlambat untuk melakukan perubahan. Kita semua tidak boleh pasrah dengan keadaan. Setidaknya kita bisa menghambat bumi itu hancur karena ulah kita sendiri. Menjaga asa untuk anak cucu kita bisa hidup tenang di bumi tanpa ada polusi dan sampah. Mari kita cegah kerusakan bumi itu dengan memaksimalkan sistem organ tubuh kita. Merencanakan kembali hidup dengan berbekal organ tubuh yang telah dikaruniakan tuhan untuk kita

1. Mata (Melihat)

Mari arahkan mata untuk melihat sekeliling kita, di rumah dan lingkungan tempat kita berinteraksi dengan tetangga. Pohon-pohon apakah masih tersedia dan rimbun kondisinya?  Apakah bahan bakar fosil masih wajar penggunaanya sehingga tidak menimbulkan pencemaran terhadap air dan udara? Kemudian barang-barang bekas di lemari, rak, dan gudang apakah tidak berpotensi mencemari lingkungan? Jika lingkungan anda masih rindang dan udara terasa segar. Kita patut bersyukur. Itu artinya manusia masih aware akan pentingnya menjaga keseimbangan lingkungan.

Dulu tempat saya tinggal di sekitaran Kalimantan Timur. Hutan masih lebat dan terjaga ekosistemnya.  Banyak juga satwa liar seperti monyet, bekantan dan burung yang setiap pagi menyambut dengan kicauan merdunya. Saya juga masih menjumpai kijang menyebrang jalan raya. Tetapi kini tempat tinggal mereka sudah tiada.

Pohon-pohon di hutan sudah banyak ditebangi demi membangun lahan sawit dan industri. Di Indonesia setiap hari setidaknya ada 40 Km2 pohon ditebang. Luas sebesar itu sama dengan luas seluruh areal monas. Padalah manusia setidaknya butuh 8 pohon untuk bernafas setiap harinya.

Potensi pencemaran dari barang bekas yang sudah tidak terpakai juga patut kita lihat. Seperti sepatu basket saya yang sudah berumur 2 tahun. Sebuah sepatu yang pembelian almarhum bapak yang dulunya merah dan kini berganti warna menjadi orange. Dipajang memakan tempat, dipakai juga tidak tepat. Setelah tidak terpakai, saya biarkan di atas lemari tanpa tau bagaimana cara memanfaatkannya. Ternyata lambat laun sepatu saya itu dihinggapi debu dan kadang mengeluarkan bau. Seringkali saya juga melihat tikus berwarna hitam legam keluar dari balik sepatu bekas itu. Yes,, ternyata barang bekas juga bisa menimbulkan pencemaran jika tidak dimanfaatkan secara baik.

2.Otak (Berfikir)

Mari sejenak berfikir dan mawas diri. Apakah kita termasuk dalam golongan orang-orang yang menjadi biang terjadinya kerusakan di bumi ini?

Melalui barang bekas yang tidak kita manfaatkan kemudian kita buang menjadi sampah tak berguna. Menjadikan volume sampah makin meningkat. Sedikit demi sedikit perilaku kita menimbulkan keseimbangan lingkungan terganggu. Membuat hewan dan tumbuhan pun kian terbelenggu.  Bisa jadi Indonesia yang sudah menduduki peringkat kedua penghasil sampah terbesar di dunia akan menggeser posisi china di nomor satu.

Melalui pemikiran hebat anak muda Bandung akhirnya barang bekas yang tidak terpakai itu pun menjadi bernilai. Visioner Prelo adalah cetusan dari anak muda kreatif yang memiliki dedikasi tinggi terhadap bumi ini.

Negara Penghasil Sampah Terbesar Di Dunia

China

-0.01
Juta Ton

Indonesia

-25
Juta Ton

Filipina

-25
Juta Ton

Apa itu Prelo?

Prelo adalah sebuah platfoam jual beli barang bekas yang menawarkan produk second hand yang masih memiliki kualitas baik. Semua barang bekas bisa kita jadikan uang dengan menjualnya di prelo. Mulai dari produk fashion, buku pengetahuan, gadget, barang antik, produk kecantikan dan lain-lain. Jadi sekarang mungkin cuma mantan saja yang dibuang kalau barang bekas jangan. Dari pada barang bekas kita memenuhi tempat, kena debu lama-lama bisa bau. Mau dipakai sudah usang tidak dipakai sayang, Ya udah jual aja di prelo biar nambah uang.

Bagi saya prelo merupakan refleksi konsep reuse sistem penanganan limbah 3R (reuse, reduce dan recycle). Memanfaatkan kembali barang bekas yang tidak terpakai dengan dengan cara menjualnya. Dari aplikasi prelo ini masih bisa kita lihat ada secercah harapan. Bumi ini bisa kita selamatkan. Setidaknya peduli dengan barang bekas yang tidak terpakai.

4.Kaki (Melangkah)

Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta, tiada cinta maka tidak ada peradaban di muka bumi ini. Mari langkahkan kaki, mendekat dan mengenal lebih intim aplikasi prelo. Loh emang kenapa sih harus prelo? Di prelo banyak barang second yang dijual dengan kualitas diatas 95%. Kalau kualitasnya 95% berarti sama kayak baru dong? Yupps bener banget bahkan tak jarang ada barang yang masih bergaransi . That’s why barang bekas di prelo sering kita sebut preloved

Keamanan bertransaksi di prelo juga tidak kalah baiknya. Seller dan buyer menggunakan rekening bersama. Sebelum barang diterima oleh buyer maka uang hasil penjualan belum bisa diterima oleh seller. Eh ternyata barang tidak sesuai dengan gambar!! Udah nggak usah khawatir. Langsung komplain aja terus di return dan jaminan uang kamu akan kembali.  Oke sekarang kita sudah semakin mengenal prelo. Mari kita lihat fitur-fitur yang ada didalamnya

Request

Reques

 

Barang yang kita butuhkan tidak ada. Di ketik di mesin pencari prelo juga tak kunjung ketemu.  Nah kalau udah kayak gitu kita bisa langsung mengirim permintaan ke admin prelo. Selain request barang yang kamu inginkan. Kamu bisa mengajukan permintaan khusus untuk packaging barang yang sudah dibeli melalui fitur ini.

Tarik Uang

Tarik Uang

 

Usai menjual barang di prelo. Seller akan menunggu konfirmasi dan buyer sampai transaksi dinyatakan benar-benar selasai. Selanjutnya uang akan di transfer ke akun prelo. Nah uang ini biasa disebut prelo balance. Kalau kita butuh duit bisa langsung mutasi saldo prelo balance ke rekening bank kita.

Achievement

winner

 

Kemarin saya sempat kaget karena aplikasi prelo tiba-tiba mengeluarkan notifikasi. Ternyata saya mendapatkan achievement sebagai user teraktif. Selain itu banyak lagi achievement lain yang bisa kamu dapatkan. Seperti top seller (penjual terbanyak), The authentic club (upload barang autentic women, men dan beauty) dan the inspector (laporan barang bermasalah). Dari achievement ini prelo akan memberikan bonus poin bagi setiap user yang mendapatkannya.

Makna Di Balik Logo Prelo

Secara sekilas logo prelo memang terlihat sederhana. Namun dibalik logo sederhana itu menyimpan filosofi yang mendalam. Huruf “P” pada kata Prelo membentuk suatu lingkaran yang menyerupai anak panah bersambung tiada henti berputar. Hal ini menggambarkan prelo ingin memberikan manfaat kepada seluruh elemen mulai dari internal prelo (perusahaan dan karyawan) dan lingkup eksternal utamanya adalah Masyarakat ekonomi dan lingkungan. Logo ini di adaptasi dari universal recycling symbol merepresentasikan suatu e niaga yang melayani jual beli barang bekas berkualitas.

5.Tangan

Dah cukup mengenal prelo berarti sekarang kita harus campur tangan. Jangan hanya menjadi penonton jika ingin barang disekitar kita termanfaatkan.  Angkat tangan, ambil smartphone mari berkontribusi dengan cara jual beli di prelo.

Cara berjualan di prelo cukup mudah. Kita hanya perlu mempunyai akun prelo dan tentu barang bekas berkualitas yang akan kita jual. Dua flashdisk second saya sudah terpajang di timeline prelo. Sebenarnya flashdisk ini bukan barang bekas. Melainkan  barang baru yang tidak terpakai karena flashdisk saya yang lama masih bagus kondisinya.  Flashdisk saya foto dengan sedikit editing warna supaya lebih menarik dan memancing antusias pembeli. Tulis deskripsi lengkap dengan kualitas barang. Sebagai permulaan saya melihat bagaimana perkembangan views nya setiap hari.

6.Ginjal

Seperti ginjal yang menyaring darah dan sari makanan yang dibutuhkan tubuh. Kita juga perlu menyaring dan menyeleksi barang yang akan kita beli di prelo. . Jangan sampai menjadi manusia konsumtif bin boros karena membeli barang yang kita inginkan yang belum tentu kita butuhkan. Biar lebih aman dan tidak terjebak dengan barang return. Saya akan memberikan sedikit tips supaya lebih aman membeli barang second hand di prelo.

Lihat barangnya

Karena proses jual beli di prelo berbentuk virtual. Alangkah baiknya mencermati barang yang akan kita beli. Biasanya seller prelo menyediakan 3 sampai 5 gambar produk dari segala sudut pandang. Silakan lihat satu-satu, bila perlu di zoom. Jika terlihat sudah sesuai dengan keinginan jangan lupa baca spesifikasi lengkap produk di deskripsi.

Jika gambar di deskripsi masih belum jelas. Tanya aja ke seller prelo dengan cara menulis komentar. Lihat juga rating penjual. Semakin banyak hati berwarna merah untuk seller. Pertanda bahwa history penjualannya bagus. Apalagi ditambah achievment yang disandang. Bisa dipastikan recommended seller untuk kita bertransaksi.

Jangan lupa chat

Jangan lupa chat

Nah sebelum beli kamu juga bisa pedekate dengan seller prelo. Tanya semua hal tentang produk yang akan kamu beli. Jika dirasa barang terlalu mahal. Kamu bisa mengajukan tawaran kepada seller prelo sampai mencapai kesepakatan.

Minta saran ke teman

Buat kamu termasuk orang newbie dalam jual beli online. Jangan sungkan untuk meminta saran ke teman yang memang sudah sering bergelut di market place. Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan customer care prelo atau menghubungi admin prelo via media sosial baik itu Instagram, twitter, maupun facebook.  

Setelah kita tahu cara aman bertransaksi di prelo. Rasanya kurang afdhol jika kita belum mencoba langsung membeli barang preloved di prelo. Saya mempunyai wishlist barang-barang kebutuhan yang dalam waktu dekat ini perlu disegerakan.  Biar seru saya akan urutkan wishlist ini ke dalam 5 abjad penyusun kata prelo.

P

Percakapan bahasa inggris sehari-hari 

Buku berjudul “Percakapan Bahasa Inggris Sehari-hari” memang membuat saya mupeng banget. Harganya murah cuma 15.000. Kondisi barangnya juga masih dalam bungkusan. Dalam deskripsi malah belum dipakai oleh pemiliknya. Bisa dipastikan buku ini bekas rasa baru. Rencana saya akan pelajari isi buku ini di kala santai dan hang out bareng teman. Setidaknya saya bisa menyesuaikan diri dengan zaman yang sudah mulai keinggris-inggrisan. Maklum kebanyakan teman baik itu teman online maupun offline sudah menggunakan bahasa inggris campuran bahasa Indonesia.

R

Ransel converse bacpack

Udah 2 hari terakhir resletingnya tas saya kadang bisa ditutup tetapi tak jarang buka sendiri. Jadi serem kalau misal udah ditutup, eh di jalan ada yang ngingetin, “mas tas nya kebuka!”.

Saya cari tas di toko terdekat modelnya nggak sesuai keinginan. Ada sih yang nawarin, tapi harganya nggak pas di kantong. Cari-cari di prelo, ternyata ada seller yang menjual Ransel converse backpack warna biru. Harganya lumayan murah, cuma 150.000. Saya lihat di gambar juga kelihatannya masih mulus kondisinya 85-95%.  Tas ini bakalan saya pakai jalan atau pergi kerja naruh barang bawaan.

E

Berhubung saya sekarang lagi getol-getolnya belajar programming. Saya rasa harus beli buku yang satu ini. Tidak hanya HTML dan XML. Di buku ini juga terdapat materi CSS dan Javascript. Harganya lumayan terjangkau banget cuma Rp 27.000. Sellernya juga recommended karena punya hati merah 5 dan achievement super active user.

L

Lanjut beli jam tangan

Bukan untuk gaya-gayaan, tetapi memang kerjaan yang mengharuskan saya untuk disiplin waktu. Di prelo banyak banget seller jam tangan second. Tentu harganya lebih murah dibanding baru. Soal kualitas nggak kalah kok tetap keren dan baik kondisinya.  Saya milih jam tangan Alexander Christie yang di jual oleh seller agusupraba. Rating seller ini bagus ditambah achievement yang sudah tertempel rapi di foto profilnya. Dengan kualitas jam tangan masih di kisaran 85-95 persen. Saya kita pantas jika seller menawarkan harga 1.100.000.

O

Oke deh terakhir modem

Saya punya modem tapi belum support jaringan 4G. Setiap hari saya harus ngelus dada sambil ngihat proses buffering nggak kela-kelar.  Lihat modem 4G baru harganya selangit di kisaran 600.000 an. Coba cari di prelo ternyata ada yang menjual modem bekas harganya lebih murah cuma Rp.100.000. Modem harga segitu sudah support semua GSM.  aah udah lah langsung takis beli modem 4G bekas di prelo.

7. Bibir (Bersuara)

Mari suarakan barang bekas bisa dimanfaatkan kembali bahkan bisa jadi uang. Niat baik prelo tidak akan terlaksana tanpa dukungan kita semua. Ajak saudara serumah, tetangga sebelah atau kawan satu sekolah. Untuk turut serta dalam memanfaatkan barang bekas menjadi bernilai. Ajak dengan ucapan bibir yang rendah hati, tanpa menyakiti apalagi membuat orang lain sakit hati.

Tenang dan tidak usah risau. Prelo sudah menyiapkan Referral bonus buat kamu yang mengajak orang lain ikut gabung di prelo. Setiap referral yang disebarkan, temanmu akan mendapatkan 25.000 dan kamu mendapatkan 5.000. Tambahan 20.000 buat kamu jika teman yang kamu ajak sukses bertransaksi di prelo. Jadi sebar mulai sekarang ajak teman terdekat atau bisa juga sebar ke semua akun media sosial mu.

8. Telinga (What Costumers say)

Aplikasi Prelo Helpful, Bisa Interaksi sama banyak orang saat mau lego atau cari barang

Hadin_projct

Aplikasi Prelo Bermanfaat dan sangat membantu para pemilik barang bekas yang gak tahu harus dikemanain.

NissaMS

Karena aplikasi berbasis "barang bekas" jadi orang yang download aplikasi ini pasti sudah tau, barang yg dia cari itu barang second yang layak pakai dengan harga di bawah rata-rata. Dan para penjual pun seperti saya, diuntungkan untuk dapat views lebih banyak dibanding aplikasi lain,. Walaupun penjualan seller memangg kena charge per item, tapi dibanding promo aplikasi lain yg menawarkan free ongkir dll, pembeli saya tetap banyak dari prelo, karena menjual barang bekas ditempat yg tepat. Saya sih belum pernah jadi pembeli di aplikasi prelo ini, tapi yang saya tau minat orang untuk liat barang second itu peluang bagus banget untuk aplikasi seperti prelo. Mungkin promo nya kurang greget aja, dan kadang pilihan pengiriman suka error, yang kebaca cuman jne aja, padahal saya centang untuk ekspedisi wahana, whicheess lebih murah, tapi buyer suka komplain ga kedetect wahana nya, yaa so far lumayan puas dengan aplikasi ini.

Jibelle

Jika semua elemen tubuh di satukan. Semua manusia di bumi saling menguatkan.  Saya yakin kehancuran bumi ini bisa kita hambat. Menerapkan gaya hidup cinta lingkungan dan merencanakan dunia baru yang lebih aman tanpa polusi dan tumpukan barang bekas. Finally bagi saya prelo bukan sekedar aplikasi jual beli. Prelo melahirkan generasi cinta bumi. Memanfaatkan barang bekas bernilai tinggi.

14 thoughts on “Maksimalkan Fungsi Tubuh, Selamatkan Bumi Bersama Prelo

  1. Wah baru tahu saya ada aplikasi kece gini, kadang kita gak tahu barang yang kita anggap sampah masih berguna bagi orang lain di Luar sana, klo pacar bekas ada gak ya yang nawarin di prelo wkwkw

    1. Bener banget mas barang bekas jangan dijual kalau masih bisa dimanfaatkan, kalau pacar bekas kayaknya nggak ada mas di prelo, mungkin di kenangan mas aja itu wkkwkwk

  2. Iya ya, menjual dan membeli barang bekas layak pakai itu kan termasuk bentuk penyelamatan bumi dari tumpukan sampah. Keren deh pemikirannya. Aku belum bersahabat sama Prelo nih, tapi kayanya bakal berkenalan dalam waktu dekat.

    1. Hayuk mbak berkenalan dengan prelo, banyak produk second hand yang masih berkualitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *