LifestyleTravel

Karena Saya Bukan Superhero!!

“Kamu sekarang udah besar ya dek, Perasaan ibu baru kemarin menggendong dan menyuapimu ketika kamu merengek”! Kata ibu di sela- sela sarapan di rumah.
“Fokus kerja aja dulu nggak usah neko-neko”! tambah ibu sambil memakan hidangannya.
“Ya bu doakan saja anjar kerjanya lancar”, jawab saya sambil menganggukkan kepala.

Itulah obrolan ringan saya dengan ibu sembari sarapan dengan hidangan tahu tempe dan siraman sambal terasi yang rasanya pedas menggelegar. Maklum hari ini adalah hari pertama saya masuk kerja. jadi harus bangun pagi dan sarapan tepat waktu supaya tidak telat pergi ke kantor.

Bersyukur banget, setelah lulus kuliah saya langsung mendapatkan pekerjaan yang tidak jauh dari rumah. Saya bekerja di suatu instansi yang menangani tentang Industri kecil dan menengah.  

Tidak banyak yang saya kenal dikantor. Hanya ada 2 teman yang juga karyawan baru dan 1 karyawan semeja ketika hari pertama masuk kerja yang saya kenal. Target yang pertama tentu saya bisa kenal dengan banyak rekan kerja. Untuk kemudian bisa bertanya dan bekerja sama.

Menghadapi Berbagai Kesibukan dan Kerjaan di Kantor
Saya mencoba untuk mengakrabkan diri dengan beberapa karyawan lain. Berdiskusi dan mulai menyelesaikan kerjaan sama-sama. Anggapan saya pertama kali, di lingkup kantor seperti ini sering terjadi persaingan yang berujung pada perselisihan antar individu. Ternyata anggapan itu berbanding terbalik. Antara karyawan satu dengan yang lain saling membantu jika ada kesulitan. Mereka juga menyambut hangat saya sebagai karyawan baru.

Pekerjaan yang saya lakoni sekarang juga ada korelasinya dengan jurusan kuliah yang saya ambil yakni teknik industri. Jadi kalau diajak diskusi, saya bisa berperan menyumbang pendapat ketika diminta membahas tentang strategi pengembangan Industri Kecil dan menengah. 
Oke berarti target saya akrab dan bisa kerja sama dengan karyawan lain yang lebih senior, akhirnya kesampaian, 

Dua bulan berlalu, kesibukan di kantor lumayan menumpuk. Pameran UKM, rapat, persiapan rencana penyuluhan dan beberapa kerjaan lain sudah antri menunggu giliran untuk dikerjakan. Tak jarang jika ada proyek mendadak saya harus lembur menyelesaikan acara malam itu juga.
Meskipun sudah lumayan sibuk dengan pekerjaan di kantor. Ketika cuti, saya tidak lantas berdiam diri di rumah. Waktu tenggang libur saya manfaatkan untuk jalan-jalan. Entah itu di sekitaran kota Tanah Grogot maupun pergi ke Ibukota provinsi Samarinda. Jika sudah ke Samarinda maka destinasi seperti kampung dayak, Islamic Center Samarinda dan menikmati pemandangan sungai Mahakam menjadi aktivitas travelling yang tidak boleh saya tinggalkan.
Islamic Center Samarinda 
Tepian Sungai Mahakam Samarinda Kalimantan Timur

Taman Wisata Budaya dayak 
Bagaimana dengan aktivitas ngeblog saya? Nah untuk yang satu ini memang sesuatu yang tidak bisa saya tinggalkan. Bagai sayur tanpa garam yang rasanya hambar. Jika udah kerja terus travelling tanpa ditulisakan di blog itu rasanya kayak ada yang kurang dari diri saya.

Oleh karena itu sepulang dari travelling saya tidak lantas istirahat untuk sekedar family time apalagi curhat dengan ibu dan keluarga. Ujug-ujug saya langsung melototin komputer untuk menuliskan pengalaman jalan-jalan. Seperti tulisan ini, saya buat usai jalan-jalan dari Samarinda. Kadang juga di sela-sela pekerjaan kantor maupun sepulang kerja saya sempatkan merawat blog ini supaya tidak lumutan.

Meskipun badan kadang terasa agak letih dan pegal-pegal menjalani seabrek kesibukan ini. Tetapi saya tidak terlalu menghiraukannya. Kadang saya begadang sampai jam 2 malam menyelesaikan kerjaan.

 “Paling juga nanti hilang pegelnya waktu mandi pagi.” Pikir saya tidak terlalu mempersalahkan rasa letih menjalani kesibukan sebagai pekerja, blogger dan traveller. Sebagai generasi muda, bagi saya yang terpenting kegiatan saya positif dan aktivitas ini tidak mengganggu orang lain.

Tupai yang gemar melompat ternyata jatuh juga. 4 bulan saya kerja dan menjalani aktivitas sedemikian sibuk. Mulai dari kerja, jalan-jalan sampai membuat konten blog. Akhirnya saya jatuh sakit dan harus periksa ke dokter. Kepala rasanya pusing dan mata berkunang-kunang. Diagnosa awal sih memang dokter menyatakan hanya kelelahan biasa akibat kecapean dan makan yang tidak teratur.

Sakitnya saya ini juga mengundang amarah ibu. “Mulai sekarang jaga kesehatanmu jangan terlalu memporsir badanmu. Ibu kan udah sering bilang nggak usah neko-neko. Kalau kerja ya udah fokus kerja. nggak usah terlalu sering Jalan-jalan, terus di depan laptop sampai larut malam. Makan sering telat minum juga sering diabaikan”, Kata ibu sambil menunjukkan raut muka penuh ketegasan.

“Baik bu ,! Hanya itu jawaban saya kemudian terdiam, Saya tidak ingin membakar amarah yang saat itu sedang membuncah. Amarah keras itu saya terima karena saya tidak mengenal waktu dan kesehatan sendiri. Semua seolah saya abaikan demi mengekspresikan hobi dan pekerjaan saya.

Usai agak pulih akhirnya saya tersadar. Saya bukanlah superhero yang kuat dan tidak perlu istirahat untuk melakukan aktivitas. Sebagai anak muda, memang tidak bisa dipungkiri saya memiliki semangat yang kuat. Tetapi apalah daya kekuatan ini tidak sehebat superhero. Saya tidak perlu memeras keringat sampai begadang demi memenuhi hobi dan kerjaan. Kerja keras boleh tetapi tubuh harus tetap dijaga kesehatannya.

Ok, sekarang saya memutuskan berubah tetapi tidak menjadi superhero. Saya akan merubah kebiasaan buruk yang selama ini saya jalani. Kini saya memiliki konsep untuk mengatur semua aktivitas.  Mulai dari kerja, travelling dan ngeblog saya atur sehingga bisa berjalan seirama tanpa menyiksa tubuh. Supaya semuanya bisa berjalan konsep perubahan saya ini mengacu pada tiga hal yakni manajemen waktu, asupan nutrisi dan ibadah saya.

Atas nama profesionalitas aktivitas yang menjadi prioritas utama adalah kerja di kantor. Skala prioritas ini penting supaya kerjaan tidak menumpuk dan pada akhirnya saya harus begadang menyelesaikan. Kerjaan yang harus diselesaikan dalam jangka waktu yang panjang selalu saya break down menjadi ganchart sehingga bisa terselesaikan tepat waktu. Saya juga tidak akan menunda kerjaan sesuai ganchart yang sudah saya buat sendiri.

Jalan-jalan tetap saya lakukan tetapi sebulan sekali. Maksimal dua kali jika waktu dan kondisi tubuh memungkinkan. Hobi saya ngeblog juga tetap saya lakukan tetapi intensitasnya saya kurangi. Tidak lupa saya juga olah raga dua minggu sekali. Semua aktivitas ini saya kemas dalam sebuah perencanaan aktivitas bulanan.  Saya list beberapa kerjaan yang harus diselesaikan, tujuan jalan-jalan dan judul postingan blog yang mau saya buat setiap bulan.
Dulu sebelum sakit, nutrisi tubuh memang kadang suka terabaikan. Nafsu makan berkurang imbas dari kerjaan yang menumpuk. Alih-alih makan, saya sudah dikenyangkan dengan kerjaan dan hobi yang sangat menyita waktu. Di tahap pemulihan badan pasca sakit, sebisa mungkin saya makan teratur. Meskipun kadang terpaksa karena ingin cepat sehat.
Sebenarnya saya ingin mencari suplemen atau vitamin untuk memulihkan dan menjaga kondisi tubuh. Pengennya sih dalam bentuk minuman yang tidak hanya menyehatkan tetapi juga rasanya enak.
Bagai gayung bersambut, akhirnya saya menemukan Herbadrink Sari temulawak. Saya menjatuhkan pilihan ke minuman ini karena herbadrink sari temulawak masih tergolong jamu. Sudah barang tentu jika minuman yang masuk kategori jamu pasti minuman herbal dengan resep tradisional asli Indonesia. Bedanya herbadrink sari temulawak diproses secara modern dan di kemas dalam bentuk sachet. Tetapi jangan khawatir herbadrink sari temulawak tidak mengandung pengawet sehingga tidak menimbulkan efek samping.
Meminum herbadrink ini seakan membawa saya nostalgia. Dulu sewaktu kecil saya sering dibelikan jamu temulawak dari tukang jamu gendong di kampung. Temulawak sebagai komposisi utama herbadrink ini memang dikenal sebagai tanaman perdu yang menyehatkan. Selain meningkatkan nafsu makan, temulawak juga bermanfaat untuk memelihara kesehatan hati dan membersihkan darah dari racun. Rasa herbadrink sari temulawak ini manis sehingga cocok untuk semua umur.

Bentuk herbadrink sangat praktis dikemas dalam bentuk box yang terdiri dari 5 sachet.  Bisa dibawa kemana-mana dan bisa diseduh setiap saat baik dengan air hangat maupun air dingin. Ketika menyeduh, Biasanya saya sesuaikan dengan situasi dan kondisi. Kalau lagi hujan saya menggunakan air hangat, Nah kalau lagi panas terik di kantor, saya pun menggunakan air dingin sesekali saya tambahkan es biar tambah segar.
Kamu pilih Herbadrink Dingin Atau Hangat

Sekarang di sela-sela travelling kerja ataupun ngeblog saya sering minum herbadrink sari temulawak. Selain menjaga daya tahan tubuh untuk tetap konsentrasi, herbadrink sari temulawak juga menambah mood booster saya dalam beraktivitas.

Kesehatan dan rezeki yang memberikan adalah tuhan. Jadi ya sudah sepantasnyalah kita untuk beribadah kepadanya. Meminta untuk selalu diberi kesehatan dan melancarkan apa yang  saya cita-citakan. Ibadah ini menjadi mutlak dan tidak boleh saya tinggalkan. Selain sebuah kewajiban, ibadah juga merupakan wujud kita kepada tuhan, rasa syukur ibadah juga sebagai bentuk

Kini semua sudah terkonsep dengan baik. Kerja, travelling dan blogging sudah berjalan seirama tanpa perlu begadang yang menguras tenaga. Meskipun tidak power full seperti dulu tetapi setidaknya semua bisa terstruktur dengan baik. Memang benar mental juara, pantang menyerah dan determinasi tinggi harus dimiliki pemuda seperti saya, tetapi hal ini harus memperhatikan waktu dan kesehatan tubuh.

Menjadi anak muda sukses tidak harus menjadi superhero, Cukup dengan cara yang mudah simpel dan terkonsep dengan matang. Kuncinya adalah Jalani, usahakan dan syukuri apa yang ada sekarang.
Memang benar tidak ada yang sekuat superhero yang bisa bekerja tanpa istirahat. Tidak ada juga orang yang paling kuat sehingga dia bisa mengerjakan semuanya dalam waktu yang bersamaan. Yang ada yang orang yang mampu mengatur waktunya dan kesehatan tubuhnya kemudian mewujudkan mimpinya. 


15 thoughts on “Karena Saya Bukan Superhero!!

  1. jadi herbadrink ini penambah daya tahan tumbuh biar tetap fit ya….

    saya belum pernah jumpa n nyoba produknya,

    semangat ya, semoga menang…

  2. Herbal Drink memang membantu jaga kesehatan buat orang sibuk, sukses ya Anjar semoga ilmu yang di dapat selama di Jakarta bisa bermanfaat di Samarinda.

  3. aselik kamu kudu bikin tutorial bikin animasi begituan anjar….. lucu bett…

    btw aku sih emang suka herbadrink… dulu pas kewrja d kantor tiap bulan selalu stok…paling suka yang beras kencur itu…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *