Uncategorized

Ini Dia Konsep Hidup Sehat Ala Anak Kost!!

Sore itu salah satu dari teman satu kost demam tinggi. Beberapa menit kemudian dia memuntahkan bekas makanan yang konsumsi siang tadi.  Melihat hal itu aku langsung membawa dia ke dokter terdekat. Ternyata diagnosa dokter dia terjangkit Demam Berdarah. Selama lima hari akhirnya dia menjalani rawat inap di Rumah sakit. Sekitar satu bulan berselang  satu dari temenku yang lain yang juga tinggal satu kost merasakan gatal-gatal di bagian vital dan lekukan tubuhnya. Penyakit itu dalam tempo lambat langsung menular hampir ke seluruh penghuni kost termasuk aku. Setelah ke puskesmas terdekat ternyata penyakit gatal-gatal itu adalah scabies atau gatal-gatal yang disebabkan oleh tungau karena kurang menjaga kebersihan.

Teman satu kost terjangkit demam berdarah akibat kurang menjaga kebersihan kost



Dari dua penyakit yang beruntun menjangkit temen satu kost. Timbul suatu kesadaran untuk menerapkan budaya sehat di lingkungan kost. Jika dilihat dari penyebabnya, kedua menyakit yaitu gatal-gatal dan demam berdarah disebabkan kurangnya kesadaran kami menjaga kebersihan. Beberapa sampah hasil makanan dan nasi menumpuk di tempat sampah tidak kunjung dibuang ke tempat pembuangan akhir. Lantai yang dulunya putih kini berubah warna karena tertutup debu dan kotoran. Alhasil Bau yang tidak sedap ditambah dengan kotoran mengundang serangga seperti nyamuk kecoa dan lalat. Terlebih lagi Kamar mandi tempat sanitasi jarang di bersihkan dan di kuras. Itulah indikasi yang menyebabkan beberapa penyakit terus menjangkit teman-teman satu kost ku.
Setelah diketahui penyebabnya, kami semua termotivasi untuk lebih menerapkan budaya bersih di lingkungan kost. Semua tempat yang menjadi sarang penyakit kita bersihkan. Selain itu juga dibuatlah beberapa peraturan dan jadwal piket untuk menjamin kondisi kost selalu terjaga kebersihannya.
            Sebagai anak kost biaya hidup setiap bulan selalu terbatas. Uang yang kami terima dari orang tua tidak selamanya cukup untuk memenuhi asupan gizi tubuh. Untuk mengantisipasi keterbatasan berikut lima tips sehat dan murah yang kami bagikan berdasarkan pengalaman menjadi anak kost :
      1.  Buat jadwal piket terstruktur
         Sebenarnya siapa sih yang bertanggung jawab atas kebersihan kost?  Tentu semua penghuni kost bertanggung jawab atas kebersihan kost. Namun demikian jika tidak dibuat jadwal bergilir maka tidak ada yang bertanggung jawab membersihkan kost setiap harinya. Jadwal piket ini adalah langkah kita untuk menerapkan kepedulian pada lingkungan terutama di area kost tempat kita tinggal. Selain itu jadwal piket rutin juga mengajarkan kita untuk bertanggung jawab dan disiplin terhadap tugas. piket ini meliputi pembersihan semua titik  baik kamar tidur, dapur, maupun kamar mandi  . untuk jadwal piket kami menerapkan piket dari hari senin sampai sabtu. Sementara  hari minggu kami melakukan kerja bakti seluruh penghuni kost.
2.   Don’t wear any goods friends (Jangan sembarang memakai perlengkapan teman)
         Istilah kata temen kost yang sudah “senasib sepenanggungan”  seperti saudara kedua setelah keluarga di rumah. Semua barang milik teman sudah seperti milik bersama. Namun jangan pernah memakai barang seperti sikat gigi, handuk apalagi barang yang sangat personal seperti underwear milik teman satu kost. Perilaku ini  akan jadi masalah karena memicu berbagai penyakit karena timbulnya bakteri dan infeksi. Penularan akan cepat menjalar ke semua penghuni kost.
     3.  Perhatikan pola makan
                 Meskipun dengan uang pas-pasan tidaklah menjadi alasan untuk mengabaikan kesehatan tubuh. Apalagi dengan mengkonsumsi makanan instan yang kurang menyehatkan. Karena pada kenyataannya, makanan instan ini memiliki kandungan yang tidak baik jika dikonsumsi secara terus menerus. Banyak trik untuk memakan dengan nutrisi yang cukup tetapi dengan harga murah. Contohnya yang kami terapkan di kost. Untuk memenuhi makanan empat sehat di kost kami menerapkan  KISS. Kiss disini bukan berasal dari bahasa inggris yang artinya ciuman. Namun KISS ini kependekan dari Konsep Irit Sehat. Agak kurang nyambung memang namun kata Kiss ini sudah disepakati supaya gampang diingat. Kiss ini saya lakukan bersama empat teman kost lain. keempat teman ini masing-masing membeli makanan yang berbeda-beda . Ada yang membeli sayur,masak nasi dan lauk yang mengandung protein hewani.  Dengan demikian semua zat yang dibutuhkan tubuh terpenuhi dengan harga murah karena tidak ditanggung bersama-sama.   Selain murah konsep kiss juga  membuat makanan lebih bervariasi setiap harinya.  Untuk vitamin biasanya kami makan buah seminggu sekali. Kami sisihkan uang 3000 untuk membeli buah.  Konsep ini kita terapkan karena di kost  ketersediaan alat masak kurang lengkap hanya ada rice cooker, kompor dan pengoorengan.
                 Untuk kondisi genting saat uang kiriman orang tua menipis kami menyediakan telor. Telor ini selain banyak mengadung protein hewani penyajiannya juga cukup simple dan mudah. Kita hanya menggorengnya lalu di beri garam sudah enak untuk di makan walaupun dengan rasa garam saja alias asin

Konsep Kiss yang kami terapkan di kost


     4.   Olahraga !!! Jangan Lupa
       Ini dia yang sering terlupakan. Di sela kesibukan aktivitas sehari-hari jangan lupa luangkan waktu untuk olahraga. Olahraga menjadi media untuk kita menjaga kesehatan sekaligus refreshsing menghilangkan stres
  Biasanya kami melakukan senam bareng yang diadakan rutin tiap hari minggu ditambahkan dengan lari pagi setelah senam. Untuk transport dari kost ke kampus berjarak sekitar 2 km. Saya tempuh dengan jalan kaki karena selain menghemat uang untuk membeli bensin atau membayar ongkos angkot, juga dapat mengurangi polusi udara. Seringkali kami juga dipercaya untuk mengadakan bakti lingkungan di RW dan panitia senam bareng

Senam Bareng RW, metode menjaga kesehatan anak kost
Jalan kaki ke kampus, murah dan menyehatkan


    5.  Saling mengingatkan
      Orang tua yang selalu mengingatkan dikala kita tinggal dirumah. Hal ini tidak berlaku jika kita tinggal di kost. Hanya ada temen kost yang setiap hari bertemu. Untuk itu perlu kesadaran dari individu masing –masing untuk membiasakan hidup sehat. Jika salah satu teman satu kost melakukan hal-hal negatif misal tidak melaksanakan piket,  mengabaikan kebersihan lingkungan sampai pada hal yang paling buruk yakni merokok ataupun minum-minuman keras. Pada saat seperti ini peran teman satu kost untuk  saling mengingatkan sangat berpengaruh terhadap sikap dan perilaku teman. Tentunya dengan pendekatan khusus untuk menunjukkan kepedulian terhadap teman.

          Terakhir untuk menjaga konsistensi, keteraturan dan disiplin menjaga lingkungan kost. Kami menempel kata-kata motivasi kesehatan di sebagian sisi-sisi dinding di untuk menjga kesehatan dan kebersihan lingkungan . Peraturan kost seperti jadwal piket rutin harus dipatuhi oleh semua penghuni kost.  Jika kedapatan tidak piket akan di denda 10.000.  angka 10.000  kami anggap sudah memberi efek jera bagi seorang yang tinggal di kost. catatan,.

So.., stay healthy with limit cost guys,,….

tulisan ini diikutsertakan pada blog competition sharing inspiration #healthagent  by nutrifood


10 thoughts on “Ini Dia Konsep Hidup Sehat Ala Anak Kost!!

  1. nah, itulah aku pernah berkunjung ke kost ponakanku cowok, aduh lihat kamarnya berantakan, lembab dan bau apek. kaadng sua mikir apa iya anak sekarang jorok2, padahal dulu aku kost, kamarku selalu rapih

  2. wkwkwkwkw. gue mantan anak kos. jadi terbawa ke masa lalu aku membacanya. buruk atau baik pengalaman jadi anak kos, pengalaman itulah yang bikin hidup menjadi tertantang, tidak semuanya pengalaman buruk aku rasakan adalah sesuatu yang buruk. yang masih ngekos selamat berjuang. inget kurangi makan Indom*e sama mie sed*p. aku dah ngalami karena saking laparnya aku makan mie instan 4 bungkus. aku masak semuanya menjadi sekali makan dan besoknya teler alias sakit mah, alias mau mati, alias KO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *