Opini

Great! Ini Dia Mobil favorit Yang Sebenarnya

Magang yang saya jalani 6 tahun silam di bengkel mekanisasi ini berlangsung selama 5 bulan. Waktu yang hampir mendekati satu semester itu. Membuat saya semakin akrab dengan berbagai jenis mobil. Setiap hari saya menghadapi permasalahan mobil yang sangat bervariasi. Tidak hanya tentang mesin melainkan juga kaki-kaki mobil seperti suspensi, rem dan penggerak roda. Ngolong mobil menjadi sebuah rutinitas. Oli di tangan, cemong di muka udah menjadi keseharian.

“Tolong ganti kampas rem depan mobil itu!” Kata bang dzul seorang bos bengkel yang sudah saya anggap seperti guru saya ketika magang. Berbekal keahlian teori dan praktik dari sekolah. Dengan cekatan saya mengerjakan perintah itu. Apalagi jika jenis mobilnya sama dengan mobil yang sering saya perbaiki. Tentu cara perbaikan, ukuran baut dan mur pun memiliki kesamaan.

 

Memperbaiki Mobil Truck
Aktivitas saya memperbaiki kaki-kaki mobil

Selama magang di bengkel saya banyak menjumpai mobil dengan berbagai merk dan tipe. Setiap mobil memiliki keistimewaan tersendiri. Misal saja untuk mobil 4WD yang sering mampir mengganti komponen gardannya. Mobil ini cocok untuk jalanan Kalimantan terutama di lokasi tambang dan hutan sawit yang masuk kategori off road. Kemudian juga ada mobil truck atau pick up yang biasa digunakan untuk belanja atau muat tandan sawit. Seringkali juga mobil sedan, MPV, atau mobil yang masuk kategori mewah mampir ke bengkel untuk mengganti salah satu komponennya.  Untuk mobil mewah ini biasanya bos sendiri yang memperbaiki. Komponennya yang mahal dan sudah menggunakan sistem elektronik semacam VVTI, air bag sampai ABS sehingga harus lebih berhati-hati dan teliti untuk memperbaikinya.

Kadang saya sendiri suka terpesona dengan mobil mewah yang datang untuk diperbaiki di bengkel. “Cekrek”, nggak ada orang langsung deh saya ambil foto di mobil itu. Lumayan bisa dipajang di dalam kamar, siapa tau suatu saat bisa membeli mobil mewah seperti itu.

Berbagai jenis mobil yang pernah masuk ke bengkel bukan tanpa kelemahan. Entah itu kelemahan di tenaga mesin, penggerak roda, rem atau mungkin konsumsi bahan bakarnya yang lumayan boros. Kendati demikian, tetap saja sang empunya mobil pasti mengklaim bahwa mobilnya lah yang paling oke.

Perbedaan jenis mobil dan cerita pemilik mobil yang mengklaim bahwa mobilnya lah yang paling keren. Membuat saya bertanya-tanya? Apa ada ya mobil yang memang terbaik atau yang menjadi terfavorit masyarakat. Tetapi bukan klaim segelintir orang melainkan suara orang kebanyakan. “Ahh pasti nggak ada lah!!”, gumam saya dalam hati. Maklum waktu itu belum masuk era internet seperti sekarang. Jadi kalau ada sesuatu yang pengen kita cari tahu. Harus melipir dulu ke warnet untuk menikmati informasi dan berselancar di dunia maya.

Pikiran saya tentang sebuah mobil favorit selama ini akhirnya terjawab.  Great, jawaban mobil favorit yang sebenarnya ada pada gelaran Brand's Choice Awards - Car of the Year. Awalnya saya tidak terlalu antusias melihat info ini di lini masa media sosial. Tetapi ketika ada quote yang menyebut bahwa pemilihan mobil favorit ini berdasarkan 100% suara konsumen. Langsung muncul rasa tertarik. Apalagi pemilihan jajaran mobil terbaik yang di favoritkan konsumen ini tidak hanya di lingkup Indonesia melainkan seluruh kawasan ASEAN. Bahkan kamu, Iya kamu, yang baca tulisan ini juga bisa langsung ikutan vote.

Tentu semua orang yang ada di Asean ini memiliki kepala dan persepsi yang berbeda-beda. Jangankan di Asean di Indonesia saja sudah banyak banget pendapat mengenai mobil terbaik dan terfavorit. Jadi semua pendapat cenderung subjektif tergantung ke selera masing-masing. Tapi saya sendiri percaya pemilihan mobil terfavorit ini tidak akan bisa One size fit all (satu ukuran cocok untuk semua). Mobil yang kamu punya belum tentu sesuai dengan keinginanku, pun demikian mobil yang kita pakai di Indonesia tidak akan sama seleranya dengan saudara kita di negara Asean lainnya.  Nah perbedaan itu disatukan di ajang Brand's Choice Awards - Car of the Year car ini. Sebuah gelaran yang bisa menyatukan persepsi setiap orang untuk memilih mobil yang paling baik.

Saya lebih suka menganalogikan gelaran Brand's Choice Awards - Car of the Year ini sebagai piala oscarnya para mobil. Jika piala Oscar diperuntukkan bagi artis Hollywood yang memiliki prestasi dengan segala macam peran yang dilakoni. Car of the year diperuntukkan bagi mobil yang memiliki keistimewaan dan mampu mengambil hati para konsumen khusus di kawasan ASEAN.

Pemilihan brand Choice Awards - Car of the Year (PCACOTY) di langsungkan di setiap negara yakni Malaysia, Indonesia, Thailand yang berlangsung dari mulai 12 Oktober sampai 1 November 2017. Khusus di Indonesia, kita bisa langsung berkontribusi di website resmi mobil 123. Udah pada tahu kan ya mobil 123? Pasti tau lah, apalagi buat kamu pecinta otomotif.  Tentu nama mobil 123 sudah akrab di benak para pecinta otomotif utamanya mobil. Buat kamu yang belum tahu, mobil 123.com adalah sebuah portal otomotif no 1 di Indonesia. Semacam showroom mobil online yang tidak hanya jual beli mobil melainkan juga menyajikan berita otomotif terkini.

Lantas gimana dong cara menyalurkan aspirasi ke gelaran Car of the year? Caranya mudah kok, nggak usah pake setumpuk formulir apalagi lembaran kuesioner. Kita tinggal vote langsung di web mobil 123 car of the years. Di situ kita tinggal pilih mobil mana yang terbaik diantara beberapa kategori mobil.  Terdapat 54 mobil yang dikerucutkan menjadi 18 kategori. Mulai dari mobil mid-range hingga premium model seperti sedan, MPV, SUV, pick-up dan lainnya. Deretan mobil ini nantinya bisa dipilih sebagai mobil idaman terbaik yang dan mendapatkan gelar Car of the year.

Di saat yang sama saudara kita di Malaysia dan Thailand juga memberikan vote di negaranya masing-masing. Setelah pemenang setiap negara ditemukan. Barulah dimulai vote untuk regional pada awal November melalui situs resmi ICar Asia di www.icarasia.com/caroftheyear. Periode pemungutan suara ini akan menjangkau konsumen di seluruh kawasan ASEAN termasuk Thailand, Malaysia, Indonesia, Singapura, Filipina, dan Vietnam.

Tidak hanya menjadi juri untuk deretan mobil yang sudah kita pilih secara langsung. Kita juga bisa melihat seluruh pemenang yang akan di umumkan bersamaan di 3 negara (Indonesia, Malaysia & Thailand) pada 24 november 2017. Buat kita yang di Jakarta, bisa langsung capcus ke Westin Kuningan Rasuna Said. Melihat siaran langsung mobil yang mendapatkan gelar Brand's Choice Awards - Car of the Year. Nah jenis mobil yang akan terpilih nantinya akan dikukuhkan sebagai mobil favorit masyarakat.

Car of the year akhirnya menjawab segala macam pertanyaan saya seputar mobil terfavorit dan terbaik ketika Magang di bengkel dulu. Membuat saya menggali kembali pikiran yang sudah lama terkubur. Melihat kembali mobil-mobil yang tidak hanya mewah melainkan memiliki keunggulan di setiap tipenya.

Terus apa sih yang bisa saya dapat jika ikutan vote di gelaran ini? Tenang aja, nggak usah galau apalagi risau. Kita yang berpartisipasi dalam ajang ini mendapat banyak manfaat. Terutama buat kita yang baru cari-cari informasi mobil dan kabar terkini mobil terbaik beserta harganya. Setidaknya kita akan kecipratan 3 efek positif jika kita ikut dalam vote car of the year ini.

1. Referensi & Rujukan Awal

Ketika kita mengikuti vote yang ada di mobil.123 untuk wilayah Indonesia. Secara otomatis kita akan disajikan mobil yang oke punya. Baik dari segi estetika, mesin, dan fungsi setiap jenis mobil. Kita bisa sekalian mencari referensi dan menambah pengetahuan untuk beberapa list mobil yang masuk nominasi di car of the years. Mobil mana yang paling cocok baik dari segi harga maupun fitur mobil. Entah kapan bisa membeli sang juara mobil car of the years? Yang jelas sampai pada titik gelaran car of the year ini. Kita mempunyai rujukan awal mobil favorit untuk nantinya bisa kita beli.

2. Geliat Industri Otomotif Indonesia

Indonesia merupakan pasar mobil terbesar di kawasan ASEAN. Penjualan mobil tahun 2016 mencapai 1.061.735 unit meninggalkan Thailand di posisi kedua dengan 768.788 unit.  Kendati demikian, mobil yang di produksi 100% milik anak negeri masih minim. Dengan adanya Brand's Choice Awards - Car of the Year. Bisa menjadi sebuah motivasi bagi anak negeri utamanya adalah kalangan anak SMK dan akademisi di jenjang kuliah. Motivasi untuk menjadikan Indonesia bukan sebagai jumlah konsumen terbesar melainkan produsen mobil terbesar untuk wilayah ASEAN.

Mobil yang akan jadi pemenang Brand's Choice Awards - Car of the Year bisa menjadi percontohan untuk adopsi teknologi, model maupun fiturnya. Dengan kreativitas yang dimiliki kids zaman now bukan tidak mungkin Indonesia akan menjadi produsen mobil terbesar di ASEAN.

Penjualan mobil di Indonesia 2016
Penjualan mobil di Thailand 2016

3. Hadiah

Selain kita menambah pengetahuan dan referensi mobil dengan memilih melalui polling di mobil123. Anda juga berkesempatan untuk mendapatkan berbagai hadiah. Mulai dari motor, smartphone, voucher belanja sampai helm. Jadi seru kan, udah tau mobil terkini dapat hadiah pula. Ibarat kejatuhan durian montong lah pokoknya.

Nah sekarang jangan ragu dan bimbang. Mari langsung vote mobil impianmu di web resmi mobil123. Saya hanya berharap tahun berikutnya gelaran Brand's Choice Awards - Car of the Year ini tetap diadakan. Gelaran ini menjadikan sebuah tolak ukur mobil yang memang dipilih secara langsung oleh konsumen. Tidak hanya di lingkup Indonesia melainkan juga dalam tataran yang lebih luas yakni ASEAN.

10 thoughts on “Great! Ini Dia Mobil favorit Yang Sebenarnya

  1. Wah, keren Mas Anjar! Jago benerin mobil, ya? Btw, saya setuju lo, sama idenya yg selfie dgn mobil buat dipajang di kamar itu. Sering baca di tips motivasi, biar untuk membakar semangat mencapai impian. 🙂

    1. Hahaha mbak keseringan memang kalau punya cita-cita saya gitukan. Supaya bisa masuk alam bawah sadar (tidur)

    1. Makasih mas, ya mas di mobil 123 tidak hanya jual beli mobil, informasi seputar dunia otomotif ada juga disitu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *