Reportase

Fun Walk Wujudkan Ibu Sehat, Indonesia Sehat

Hari Ibu masih sekitar seminggu lagi. Namun perayaannya sudah dimulai dari tanggal 6 Desember 2015. Minggu ini dilaksanakan sebuah acara prenagen Fun WalkPeringatan hari ibu sekaligus sebagai bentuk keprihatinan masih tingginya angka kematian ibu melahirkan. Meskipun acara lebih diutamakan untuk perempuan dan tidak masuk dalam ranahku sebagai kaum hawa.  Aku tertarik untuk mengikuti acara jalan sehat bertajuk Ibu Sehat, Indonesia Sehat Itu karena rasa ingin tahuku mengenai kondisi terkini, terkait dengan perjuangan ibu melahirkan buah hatinya. Pengetahuanku juga masih terasa dangkal sekali mengenai fakta tentang ibu melahiran di Indonesia.

Terselip Warna Ungu di Agenda Car Free Day

Registrasi dimulai sejak jam 05.30. waktu yang cukup pagi untuk remaja seperti aku yang biasa bangun telat sampai jam 06.00 pagi. Namun demi ikut berpartisipasi di fun walk prenagen aku bangun jam 04.00 mengingat perjalanan yang lumayan lama. Dari Awal aku menerka bahwa kegiatan fun walk ini peserta akan didominasi perempuan terutama ibu-ibu yang sedang hamil. Ternyata setelah sampai di lokasi pelaksanaan fun walk di kantor Kowani jln Imam Bonjol no 58 Menteng Jakarta Pusat. Banyak juga kaum hawa yang mengikuti.  Kebanyakan kaum hawa yang ikut acara fun walk adalah pendamping istrinya yang sedang hamil.

Acara fun walk ini terselenggara dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kehamilan dan persalinan bayi. fun walkjuga sebagai media untuk menumbuhkan kepedulian terhadap ibu-ibu bahwa pentingnya sebuah perencanaan mulai dari kehamilan sampai dengan menyusui. Perencanaan yang baik sudah barang tentu akan berdampak pada kesehatan dan kehamilan yang berkualitas.  Disamping itu acara fun walk juga memberi sugesti positif kepada ibu hamil untuk bergerak dan tetap berolahraga demi menjaga tumbuh kembang janin yang dikandung.
Foto Booth

Panitia penyelenggara mempersiapkan acara fun walk tidak lebih dari satu bulan. Namun demikian jika dinilai dari kasat mata acara fun walk berjalan meriah terbukti dari banyaknya peserta yang hadir yakni lebih dari 1000 orang. Penampilan visual tempat fun walk juga terlihat menarik. Warna ungu mendominasi acara itu. foto booth juga terpasang di samping stand registrasi. Bisa digunakan untuk narsis atau mengabadikan momen jalan sehat.

Bendera-bendera dan stand registrasi terpasang rapi di jalan imam bonjol yang di hari biasa dilalui lalu lintas yang cukup sibuk. Acara jalan sehat ini adalah hasil kerjasama dari banyak elemen. Antara lain adalah Kongres Wanita Indonesia (KOWANI), Aliansi Pita PutihIndonesia (APPI) dan Kementerian Pemberdayaan perempuan dan Anak (KPPA),  Klikdokter, dan Prenagen. Khusus untuk prenagen memberi beberapa dukungan di acara fun walk. Salah satu bentuk dukungan prenagen berupa pemberian gratis produk terbarunya yakni prenagen juice. Selain prenagen juice banyak lagi sample produk prenagen lain yang tersusun rapi di stand prenagen. Aku yang masih awam dengan produk-produk prenagen yang terpampang itu penasaran dengan manfaat produk-produk yang ada.
“Mbak produk prenagen itu apa aja ya mbak??” aku bertanya kepada seorang perempuan penjaga stand prenagen.
“Produk prenagen lebih dikhususkan untuk para wanita hamil dan menyusui mas, tersedia juga produk prenagen khusus bagi wanita yang masih mempersiapkan masa kehamilannya yakni prenagen esensis!!”, Jelas mbak paruh baya itu.
“Terus produk yang lain ini apa aja mbak?” Tanyaku sambil menunjuk salah satu produk yang ada di stand itu.
Sample Produk Prenagen

Stand sample Produk Prenagen

Dengan sedikit tersipu mbak itu akhirnya menjelaskan satu persatu produk yang ada di prenagen. Mungkin karena aku remaja ingusan dan tidak ada sangkut pautnya dengan produk yang dia kenalkan.

“Produk prenagen menyeluruh meliputi tumbuh kembang ibu dari mulai persiapan mengandung, persalinan sampai menyusui. Untuk ibu hamil tersedia prenagen emesis dan prenagen mommy. Untuk ibu menyusui bisa meminum prenagen lactamom  tersedia juga produk terbaru kita yakni prenagen juice terbuat dari Buah Delima asli yang kaya akan Sumber Asam Folat  dan  Tinggi Vitamin C.
“Gimana tertarik meminumnya mas?” kata wanita itu sambil bercanda.
“Nggak mbak persiapan buat calon isteri saya nanti!!” kataku menanggapi sambil tersenyum lebar.

Prenagen Esensis & Prenagen Mommy

bagi-bagi Prenagen Juice gratis
Selain membuat produk khusus untuk wanita hamil sampai menyusui. Prenagen juga melakukan kampanye bentuk kepedulian terhadap wanita melalui media sosial seperti website (prenagen.com) twitter (@PRENAGENworld), facebook (PRENAGENworld), Instagram (PRENAGENworld) bahkan sampai menyebar video di youtube(PRENAGENworld). Peserta pun tidak mau kalah untuk melakukan live report acara fun walk dari media sosial. Sembari jalan sehat sesekali peserta mengetikkan laporan kegitatan jalan sehat melalui media sosialnya.
Kulihat tepat di samping stand prenagen ada sebuah stand yang memberi informasi gratis seputar kehamilan ibu sampai dengan menyusui. Selain itu pengunjung juga bisa berkonsultasi kesehatan dan nutrisi yang harus dipenuhi ketika hamil. Pengunjung pun antusias untuk memeriksa kesehatan dan janin di stand itu.
Melihat wanita penjaga stand yang mulai tidak nyaman dengan beberapa pertanyaanku. Aku memilih beranjak dan melihat-lihat hal lain di fun walk yang kelihatannya sudah ramai pesertanya.

Cek Informasi dan Konsultasi Ibu
Acara pertama yang aku ikuti adalah senam bareng yang dipimpin oleh instruktur senam yang lincah gerakannya di atas panggung. Iringan musik mengiringi senam membuat siapa saja yang mendengar akan bergoyang. Ibu-ibu mengikuti instruksi senam dengan raut muka sumringah melepas bebannya. Penyematan Pin pita putih juga dilaksanakan di atas panggung kepada semua pihak pendukung acara fun walk seperti ibu giwo rubianto selaku ketua kowani,  Ibu Yohana dari kementerian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dan perwakilan pihak prenagen. Penyematan pin pita putih dilakukan sebagai bentuk kerjasama dan pertanda komitmen dari semua pihak untuk lebih peduli terhadap kematian ibu melahirkan yang cukup tinggi.


Minum Prenagen Juice Bareng

Acara yang di tunggu-tunggu akhirnya tiba. Bendera start dikibarkan pertanda semua peserta mulai melakukan jalan sehat. Pelepasan para peserta jalan sehat dibuka langsung oleh ibu Yohana selaku menteri Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan anak.  Kaki menapaki jalan langkah demi langkah. mulai Jalan imam bonjol berlanjut ke Taman suropati dan kembali lagi ke titik awal.  Agenda Car Free day yang ramai di kunjungi berbagai lapisan masyarakat akhirnya tercampur dengan baju ungu para peserta fun walk. Yang cukup menyita perhatian adalah kehadiran peserta dari akademi polwan. Mereka menunjukkan kemampuan baris-berbaris dengan serentak, rapi dan kompak.

Fun Walk Dibuka Oleh Ibu Yohana Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

Fun Walk Pun Dimulai

Sembari mengikuti jalan sehat ternyata jumpa pers sudah dimulai di gedung Kowani bersama dengan ketua Kowani, Klik Dokter, Menteri KPP & PA dan aliansi Pita Putih Indonesia (APPI). Mendengar keterangan dari beberapa narasumber mengenai fakta mengenai perjuangan ibu melahirkan anaknya membuat hati sedikit miris. Tahun 2012 sekitar 359 orang ibu dari tiap 100.000 kelahiran di Indonesia meninggal dunia karena melahirkan anak yang di kandungnya. Dengan indikator bahwa jumlah kematian ibu melahirkan masih cukup tinggi maka kesetaraan gender masih belum tercapai karena dalam indeks kesetaraan tercantum angka kematian ibu hamil.  Narasumber juga memberi sebuah beberapa konsep dan cara mencegah kematian anak maupun ibu ketika persalinan. Seperti tidak boleh menikah dan hamil terlalu dini, tidak boleh hamil terlalu tua dan pentingnya penyusunan program olahraga. Program olahraga penting dilakukan untuk menjaga buah hati lahir dengan sempurna dan sehat. Stigma yang salah dari masyarakat juga ikut menjadi perhatian media dan masyarakat yang datang. Seperti stigma bahwa ketika wanita meninggal karena melahirkan seorang bayi maka dia akan masuk surga karena mati syahid memperjuangkan anaknya. Anggapan yang salah itu diharapkan bisa hilang dari pikiran masyarakat. Keterangan dari narasumber membangun kesadaran dari semua media dan masyarakat yang hadir. Meskipun berlangsung tak terlalu lama press conference ini sangat bermanfaat terutama untuk para peserta yang masih sangat awam perencanaan kehamilan dan persalinan.

Press Conference

Setelah mendengar keterangan dari beberapa narasumber aku dengar sayup-sayup alunan musik dari luar gedung Kowani. Benar saja hiburan berupa live music dari atas panggung fun walk sudah dimulai.  Beberapa musik penghibur di sajikan untuk peserta yang sedang beristirahat usai melakukan jalan sehat. Di sela-sela hiburan dangdut sesekali MC memberikan doorpize kepada peserta yang hadir sesuai kupon undian yang telah diberikan dan juga pemenang live report media sosial.

Jika semua organisasi peduli mau dan mampu komitmen untuk melakukan pengurangan kematian ibu melahirkan. aku yakin sinergi itu akan memberikan efek positif bagi wanita Indonesia. Mudah-mudahan acara jalan sehat ini bisa memberikan sugesti positif kepada seluruh masyarakat yang hadir atau yang hanya bisa melihat live report dari media sosial untuk mewujudkan Indonesia Sehat dan tentunya Indonesia Sehat. 

4 thoughts on “Fun Walk Wujudkan Ibu Sehat, Indonesia Sehat

  1. wah,,, bagus nih kegiatannya jika di adakan setiap tahunnya,, atau setiap bulannya di akhir perakan,, agar semua masyarakat indonesia sehat, selain ibu hamil, balita perlu juga untuk lansia.. sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *