Reportase

BRIsat Sebuah Kebanggaan yang Mempersatukan

Indonesia merupakan negara yang tengah gencar-gencarnya mengembangkan perekonomian. Semua sektor tidak luput dari perhatian untuk dilakukan perbaikan. Paling menjadi sorotan adalah sektor perbankan yang menjadi titik nadi siklus perekonomian. Hal ini dilakukan demi membangun Indonesia sehinggabisa bersaing di tingkat global. Salah satu BUMN di Indonesia yang sudah eksis sejak tahun 1895 dan bertahan sampai sekarang adalah bank BRI.
Suasana Roket Arine 5 yang membawa satelit BRIsat
Bank ini adalah bank yang pertama yang saya kenal. Sampai sekarang pun saya masih setia menjadi nasabah bank BRI. Alasan utama saya menggunakan jasa BRI adalah kantor bank BRI terdapat di semua wilayah Indonesia bahkan di setiap kecamatan. ATM juga tersedia di berbagai tempat. Jadi sangat mudah untuk melakukan transaksi baik itu penyetoran melalui kantor BRI dan tarik tunai melalui ATM.  Saya masih teringat produk BRI yang saya gunakan pertama kali adalah BRI Simpedes (Simpanan pedesaan). Tabungan ini saya gunakan karena lebih cocok dengan saya yang diperuntukkan oleh masyarakat pedesaan seperti saya.
Sampai sekarang BRI terus berusaha meningkatkan kualitas pelayanan terhadap nasabah. Mulai dari alur penyimpanan, penarikan, dan beberapa produk keuangan yang sangat memudahkan masyarakat. Untuk melayani masyarakat Indonesia yang sedemikian banyak dan tersebar dari sabang sampai merauke. Perlu sebuah jaringan fiber optic yang bisa di akses di semua wilayah. Solusi yang diambil oleh BRI adalah dengan memiliki satelit pribadi yang berfungsi sebagai proses transaksi keuangan dan non keuangan. Seperti Electronic commerce, service banking dan free internet acces dll.  
Untuk mempunyai satelit pribadi.  BRI menggandeng sebuah perusahaan asal Amerika yaitu Space Systems/Loral (SSL). Perusahaan ini sudah berpengalaman dan meluncurkan 520 roket. Satelit BRI akan diberi nama BRIsat dan diluncurkan bersamaan dengan echostar sebuah satelit milik stasiun TV Amerika.  Awalnya saya menyaksikan peluncuran BRIsat di discovery ancol pada tanggal 18 Juni 2016. Namun hari itu saya dan beberapa rekan kurang beruntung karena peluncuran ditunda sampai dengan 24 jam kerja. Hal ini sangat wajar karena peluncuran sebuah roket sangat tergantung pada cuaca, kondisi luar angkasa dan beberapa hal teknis yang harus dipertimbangkan secara matang. Jika kondisi kurang baik tentu roket pembawa satelit tidak bisa mengantarkan satelit pada orbit yang telah ditentukan. Tanggal 19 juni 2016waktu Indonesia akhirnya sejarah baru perbankan Indonesia benar-benar terjadi. Roket Arianespace akhirnya meluncur ke angkasa sekitar jam 04.40 WIB. Tidak ingin melewatkan proses peluncuran roket dari perusahaan Arianespace yang membawa satelit BRIsat itu. Saya luangkan waktu untuk menonton livestremingproses peluncuran sambil menunaikan sahur puasa ramadhan.
Nobar di Discovery Ancol
Detik-Detik Peluncuran Satelit BRIsat
Proses peluncuran satelit BRIsat menjadi sebuah tonggak sejarah bagi perbankan Indonesia. BRIsat diluncurkan di kota Kuorou, French Guiana, Amerika Selatan. Meskipun sendirian melihat peluncuran roketmelalui layar kaca.ketika countdown detik-detik sebelum roket terbang. Saya sangat antusias untuk mencermati tahap demi tahap roket mengudara.Memang ini adalah kali pertama saya melihat peluncuran roket milik Indonesia. Antusiasme tidak hanya terjadi di Guyana Amerika Selatan tempat roket diluncurkan. Di kantor pusat BRI Jakarta dan seluruh masyarakat Indonesia juga menyaksikan proses peluncuran roket BRIsat itu. Bahkan ada yang melakukan nonton bareng peluncuran roket sekaligus doa bersama agar roket BRIsat bisa mengorbit dengan sempurna. Sebagian besar televisi nasional juga turut menyiarkan satelit yang sudah direncanakan sejak 3 tahun yang lalu itu. Lantas apakah manfaat yang bisa diperoleh untuk BRI dan masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Berikut adalah 3 ulasan saya :
1, Kebanggaan Indonesia di MataDunia
Bersyukur karena Indonesia menjadi pelopor bank yang menggunakan satelit sebagai pendukung layanan perbankan. Selain menjadi kebanggaan Bank BRI dan masyarakat Indonesia. Satelit ini juga menjadi perhatian dunia kepada Indonesia. Sebelum BRI tidak ada bank di dunia yang menggunakan satelit sebagai jalur komunikasi dan proses pelayanan perbankan. Dengan peluncuran BRIsat, Indonesia tidak bisa dipandang sebelah mata dalam percaturan perbankan dunia. Satelit akan membuat persaingan menjadi lebih kompetitif dan Indonesia menjadi negara terdepan dalam bidang perbankan dunia. Bahkan pengamat luar angkasa asal Amerika Serikat (NASA) memberikan pujian terhadap diluncurkannya satelit BRIsat oleh Indonesia.
2,  Efisiensi Biaya
Untuk memiliki satelit BRIsat. BRI harus menggelontorkan dana investasi senilai US$ 250 juta atau setara Rp 3,375 triliun. Jumlah yang tidak sedikit jika dilihat nominal dan kemampuan orang Indonesia seperti saya. Namun jumlah itu akan tergantikan dengan reduksi biaya pelayanan bank BRI. Sebelum mempunyai satelit BRIsat. Bank BRI harus menyewa satelit dengan biaya Rp 500 miliar per tahun untuk biaya komunikasi. Dengan satelit BRIsat maka BRI bisa menghemat 40% atau sekitar Rp 200 miliar per tahun. Efisiensi ini tentu akan mengurangi suku bunga pinjaman. Sangat bermanfaat bagi masyarakat terutama UKM yang ingin meminjam dana usaha. Mutu pelayanan BRIjuga akan meningkat karena satelit BRIsat bisa mengkoneksikan data perbankan BRI secara cepat dan akurat.
Proses Peluncuran Roket Menuju KE Orbit Yang Telah Ditentukan
3, Alat Mempersatukan Nusantara
Geografi wilayah indonesia yang berbentuk negara kepulauan menjadikan jarak antar daerah berjauhan. Beberapa daerah pedalaman pun masih ada yang belum tersentuh oleh layanan Bank BRI. Dengan satelit BRIsat memungkinkan BRI Menjangkau wilayah yang belum terjangkau dan melayani masyarakat yang belum pernah merasakan pelayanan BRI. Setiap kantor layanan BRI akan terkoneksi dengan satelit BRIsat. Bahkan satelit BRIsat tidak hanya menjangkau wilayah Indonesia secara keseluruhan. Satelit ini di klaim bisa menjangkau beberapa negara ASEAN, Asia Timur dan Australia . Hebat kan??
Roket Ariane 5 Mengudara dan akan membawa dampak besar pada kemajuan perbankan Indonesia
Setelah diluncurkan pada tanggal 19 Juni 2016waktu Indonesia. Satelit BRIsat akan sampai pada orbit yang telah ditentukan selama 10 hari. Setelah sampai ke orbit maka BRIsat akan menjalani uji coba pengoperasian selama 60 hari sebelum satelit benar-benar bisa dioperasikan. usai menjalani uji coba maka Satelit ini akan beroperasi selama 17 belas tahun. Pengendali satelit akan dilakukan langsung oleh pihak BRI. Pusat kendali berada di Ragunan Jakarta Selatan dan mempunyai Back up pusat kendali di Bali. Tiga manfaat yang saya bagikan hanya sebagian kecil yang bisa dirasakan secara langsung oleh masyarakat dan BRI. Keuntungan dan manfaat jangka panjang tentu akan terus dirasakan. Terutama kita sebagai penikmat jasa perbankan BRI. Indonesia pun semakin kece karena sudah mempunyai satelit perbankan pertama di dunia. 

One thought on “BRIsat Sebuah Kebanggaan yang Mempersatukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *