Reportase

ARISAN (Ajang Ngrumpi Investasi Keuangan)


Acara mom and kids days out-muslimah fashion parade dilaksanakan di FX Lifestyle X’nter. Acara ini mengadakan banyak acara salah satu yang menarik adalah Arisan,. Bukan arisan pada umumnya yang identik dengan ibu-ibu dan undian .arisan kali ini punya singkatan ajang ngrumpi investasi keuangan. Cukup kretif menamakan acara itu sehingga lebih mudah menarik antusiame pengunjung FX Lifestyle X’nter. Arisan ini membahas tentang basic financial planning atau dasar mengatur dan mengelola keuangan yang menghadirkan pembicara dwita aryani dari zeus consulting. Bicara soal uang memang tidak ada habisnya. Uang perlu dikelola karena suatu saat akan tiba saatnya umur kita tidak produktif, sehingga saat produktif visualisasikan keuangan dengan benar. Rencana keuangan bisa mencakup kapan pendidikan, naik haji, berbisnis dan kapan usia kita tidak produktif lagi. Di masyarakat secara umum setidaknya ada dua anggapan mengenai uang :
a.       Pertama anggapan bahwa uang adalah sumber masalah, anggapan ini harus kita jauhkan dari pikiran kita karena memang bukan uangnya yang salah melainkan memang orang yang tidak bisa mengelola keuangan dengan baik.
b.      Kedua uang adalah sumber kebahagiaan. Anggapan ini lah yang harus kita tumbuhkan dengan cara merubah mindset kita bahwa jika kita mengelola uang dengan baik maka uang menjadi sumber kebahagiaan. Yang terpenting bukan seberapa besar uang kita namun bagaimana kita mengelola uang itu sehingga bisa cukup buat kehidupan dan tentunya investasi di kehidupan ke depan.
Perencanaan keuangan menjadi acuan bagaiamana masa depan kita,. Mulai dari kapan kita menikah, uang berapa yang harus kita punya saat menikah, kapan punya anak, berapa anaknya, kapan anak kita sekolah. Kegiatan itu semua bisa menjadi lancar bila kita sudah mengantongi uang  yang sudah kita rencanakan sebelumnya.
Berikut tips dasar pengelolaan uang yang di bagikan oleh dwita ariyani dari zeus consulting :
1.      Tabungkan uang dia awal gajian
Hari  gajian memang siklus kehidupan yang paling menyenangkan bahkan saking gandrungnya dengan hari gajian kita lupa bahwa uang yang kita terima dari gaji itu harus disisihkan untuk kebutuhan pokok, sekolah, di tabung dll. Adanya kebisaan menabung uang diakhir bulan harus kita rubah. Awal gajian harus langsung kita sisihkan minimal 10% dari jumlah gaji.
1.      Cari ilmu investasi (asuransi proteksi bukan investasi)
Investasi menjadi hal wajib di masa sekarang., investasi itu dapat berupa pendirian usaha ataupun investasi melalui badan-badan investasi. Investasi memberikan laba lebih dibanding uang yang tersimpan di bank yang hanya memberikan bunga sekitar 2-3%. Jadi jangan menutup diri dari investasi. Kegagalan berinvestasi karena kita kurang tau aturan main berinvestasi di badan-badan investasi.
2.      Adanya uang darurat
Uang  darurat berfungsi untuk mangantisipasi jika ada keperluan mendadak. Besar minimal  uang darurat ini adalah 3 bulan kebutuhan bulanan, tujuannya jika ada kebutuhan mendadak yang bisa menghabiskan tabungan. Kita bisa menggunakan uang darurat yang bertahan selama  tiga bulan
3.      Katakan tidak pada ‘UTANG”
Hindari bener-benernya kata hutang ini karena seseorang berhutang sebenarnnya bukan gaji kita yang kurang tapi pengelolaan uang kita yang salah. Jika memang terpaksa berhutang jangan sampai 30% dari total gaji ya.., karena nantinya akan membentuk utang-utang baru dan tidak akan terlunasi.
Nah…, mulai sekarang ya sisihkan uang anda untuk ditabung atau berinvestasi. Sebesar apapun gaji kita jika tidak mengelola uang dengan baik maka tetap kebutuhan kita tidak tercukupi dengan gaji itu. Baik perencanaan keuanganmu, baik juga kehidupan mu.

#Anjar Setyoko

2 thoughts on “ARISAN (Ajang Ngrumpi Investasi Keuangan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *