Lifestyle

ARE YOU ?? GREEN FLUENCER ENOUGH

finalis hilo green ambassador sedang memimpin acara akademi berbagi
ARE YOU ?? GREEN FLUENCER ENOUGH
Green fluencer,…,, apa sih yang muncul dibenak kita waktu mendengar kata green fluencer, green artinya hijau , kalau fluencer apa ya,. Tik…tok..tik..tok. ya udah langsung aja green fluencer adalah seseorang yang memberi pengaruh kepada masyarakat secara umum yang tidak peduli tentang keseimbangan lingkungan menjadi peduli dan tanggap terhadap lingkungannya. memang di saat seperti ini sangat tidak banyak seseorang yang peduli terhadap apalagi lingkungan nya apalagi menjadi green fluencer. Di acara Akademi berbagi bareng grand fianlis hilo green ambassador ini memang kita diberikan materi tentang go green,Eco Friendly,recycling, save the earth. Apalagi dengan hadirnya pembicara-pembicara yang memang menjadi green fluencer seperti Angelique Dewi (Nutrifood Head Of Green Committe), Didi Diarsa (Green preneur furniture ),Prita Kemal Gani (Founder and director of LSPR Jakarta) ,semakin memacu kita untuk menjadi pemerhati lingkungan. Angeliq menceritakan tentang pengolahan limbah di perusahaanya yang dulu nya harus membayar tukang sampah untuk mengangkut hasil limbah industrinya sekarang limbah hasil produksi dioalah dengan cara memisah limbah organik dan anorganik, limbah anorganik diolah menjadi pupuk dan djual sehingga menambah untung perusahaanya adapun limbah anorganik seperti plastik akan dijual ke pengepul sampah. Hanya sedikit sampah yang tidak bisa diolah yang akhirnya dibuang. Perubahan ini membawa dampak cukup besar bagi perusahaan yang semula harus membayar Rp5.000.000 untuk limbah hasil produksi sekarang pengeluaran itu bisa di minamalkan menjadi 700.000 bahkan berubah menjadi keuntungan hasil penjualan olahan limbah. Keberhasilan ibu angelique untuk membawa perubahan perusahaan menjadi cleaner produktion setidaknya perlu empat unsur antara lain :               1.    Comitment
Ya memang  komitmen menjadi elemen penting for  save our earth.Kemauan dari diri sendiri menjadi yang utama sebelum mempengaruhi orang lain. Komitmen dengan diri sendiri untuk mejadi seseorang yang peduli terhadap lingkungan. Jika memang tidak bisa  mencapai level green fluencer atau mempengaruhi orang lain setidaknya kita sendiri komit terhadap keseimbangan lingkungan.
2. Leadearship
Memimpin sejatinya memang mempunyai pengaruh terhadup orang-orang yang dipimpinnya. Jika pemimpin kita peduli terhadap lingkungan maka yang dipimpin pun akan termotivasi untuk mengikuti. Seorang pemimpin keseimbangan lingkungan setidaknya mempunyai empat kriteria pertama, seorang pemimpin yang menjad inspirasi (inspire people), kedua orang yang bisa memberdayakan perubahan lingkuangan (empower change) ketiga kreativitas tinggi untuk mempengaruhi orang (encourage creativity), dan yang terakhir adalah orang yang bisa mengalakkan akan kesadaran terhadap lingkungannya (create more leader).
3. Communication
Yang satu ini menjadi kewajiban seorang green fluencer. Komunikasi disini bukan hanya melalui seminar ataupun kelas-kelas dengan tema go green, Namun seruan untuk peduli terhadap lingkungan juga bisa dalam bentuk nonton film bareng tentang lingkungan, motivasi, lomba untuk memerangi kerusakan lingkungan.
4.  collaboration,innovation,respect.
Untuk mempengaruhi seseorang perlu adanya kerja sama dari semua pihak. Oleh karenanya green fluencer harus memiliki rekan taupun relasi dalam seruan tentang menjaga lingkungan, selain itu juga perlu adanya inovasi untuk pelestarian lingkungan.
Dalam era sekarang ini memang pembangunan tengah digalakkan terutama di kota kota-kota besar, namun bagaimana cara kita untuk memaksimalkan pembangunan pada masa sekarang tapi tidak mengabaikan ke lingkungan untuk hari besok.  tips dari kelas akademi adalah :
a     a.   diet kantong sampah plastik ya..
mulai sekarang hindari pemakaian kantong plastik sekali pakai . tahukah anda bahwa kantong plastik rata-rata hanya dipakai sekitar 10 menit namun untuk terurai butuh waktu sekitar 500 tahun.
b    b.  Kurangi pemakaian tissue
      c.    Please set up AC at 25-26oC ;good for our health and earth
      d. Cabut colakan listrik jika tidak dipakai
Gimana mulai sekarang komit ya untuk cinta terhadap bumi ini. Mulai dari sendiri dan selanjutnya menjadi green fluencer. Sedikit kata-kata dari ibu Angeliq  “Our little drop out will fill up the bucket

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *