Reportase

Jaga Kesehatan Dengan Olahraga di Allianz Sweat Challenge

Nikmat yang sering tidak kita sadari bahkan tidak kita syukuri adalah kesehatan. Padahal kesehatan ini yang menjadi modal dasar bagi manusia untuk menjalankan segala aktivitas kehidupan. Kalau sakit aja baru kerasa kan nikmatnya kesehatan?  Coba deh kalau mata kita klilipan terus memerah gitu, kan baru sadar nikmatnya mata yang sehat. Atau ketika kita merasa demam, pasti kita baru menyadari bahwa kesehatan badan merupakan nikmat yang sangat besar.

Satu diantara banyak cara untuk mensyukuri nikmat kesehatan ini adalah dengan menjaganya. Pasti udah tau kan ya ungkapan pak dokter “Mencegah lebih baik daripada mengobati”. Langkah pencegahan ini bisa berbagai macam, mulai dari menjaga asupan makanan, kebersihan lingkungan dan yang paling vital adalah olahraga. Khusus untuk olahraga, saya sendiri agak bandel dengan kebiasaan baik ini. Bukan hanya saya, mayoritas orang Indonesia pun ternyata hanya 26% yang berolahraga rutin seminggu sekali. Mungkin saya masuk dalam 74% orang Indonesia yang tidak melakukan olahraga rutin itu. Tugas yang menumpuk dan aktivitas yang padat merayap membuat olahraga bukan masuk ke dalam list daily activity.

 

Di awal bulan tahun 2018 ini saya ingin mengubah mindset itu. Terlebih umur saya sudah cukup untuk dipanggil bapak-bapak, jadi harus tetap harus sehat walafiat menjemput rezeki dan jodoh hihihi. Saya tidak ingin jatuh sakit hanya karena saya malas berolahraga. Kan nggak lucu tuh kalau besok waktunya resepsi terus kita demam tinggi hehe,.

Bak gayung bersambut, keinginan saya untuk mengatur ulang waktu olahraga ternyata disambut oleh sebuah kabar gembira dari Allianz Sweat Challenge. Dari poster dan leaflet yang saya dapati dari akun resmi Allianz. Tergambar seorang yang sedang senam dan jogging, pastinya ini bentuk visualisasi bahwa akan acara olahraga bareng. Disitu juga ada warna kuning stabillo dengan tulisan besar “Free”. Ini mah saya banget!!

Oke akhirnya saya melihat langsung di web resmi Allianz untuk memastikan sekaligus cari tahu teknis dan mekanisme pendaftaran Allianz Sweat Challenge. Baru tahu deh saya, ternyata Allianz Sweat Challenge adalah program CSR dari asuransi Allianz yang peduli terhadap masyarakat agar menjaga pola olahraga sehingga tetap sehat di kala aktivitas yang semakin padat. Peka banget deh Allianz melihat situasi masyarakat yang semakin sibuk,

Tanpa pikir panjang saya langsung daftar untuk mengikuti Allianz Sweat Challenge dengan cara mengisi form online di web Allianz. Kebetulan juga hari sabtu 13 Januari 2018 belum ada agenda. Jadi bisa langsung cabut ke ancol. Kalau dari cempaka putih akses ancol mudah dijangkau. Cuma naik busway kita bisa langsung nyampe pintu ancol. Dari situ saya memilih jalan kaki daripada naik bus wara-wiri gratis. Sekalian olahraga 1000 langkah sambil lihat-lihat destinasi wisata di ancol.

Sampai di lokasi ternyata di Allianz ecopark tempat berlangsungnya Allianz Sweat Challenge. Tempat ini dulunya merupakan Ocean Ecopark.  Buat kamu yang pengen liburan sekaligus olahraga, Allianz Sweat Challenge ini jadi pilihan terjitu, yah kayak saya gini lah.

Terlihat beberapa orang udah ngumpul pake baju olahraga lengkap dengan celana training, persis kayak senam bareng di kompleks rumah saya tinggal. “Wah udah pasti ini peserta Allianz Sweat Challenge” kata saya dalam hati yang datang sendirian di acara itu.

Music sporty juga keluar dari setumpuk sound system di samping panggung.  Peserta berbaris rapi sambil manggut-manggut tak terkendali mengikuti irama music. Tak lupa saya bikin story di media sosial kemudian berkenalan dengan beberapa orang yang nampaknya juga kali pertama ikut Allianz Sweat Challenge.

Ada beberapa olahraga yang bisa kita coba di Allianz Sweat Challenge. Yoga, Zumba, Body Weight Training, Exercise, cardio dan pound fit adalah sederet olahraga yang lumayan asing di telinga saya. Tapi sabtu pagi itu, waktunya untuk nge Zumba ria yang langsung dipandu oleh instruktur bernama Chantika yang juga cantik rupanya.

Usai Zumba selesai peserta disuguhi soft drink sekaligus asupan energi tambahan.  Beberapa orang juga kelihatannya nggak langsung pulang. Mereka memilih untuk keliling Allianz ecopark. Saya pun tak mau beranjak pulang. Mumpung liburan saya juga ikut berkeliling ecopark seluas 34 Hektare.

Allianz ecopark menyediakan berbagai macam permainan edukasi. Seperti pengetahuan botani di eco nature, kesenian di eco art atau eco care tempat yang bisa kita gunakan untuk mengangkat kembali kepedulian kita terhadap lingkungan. Saya lanjutkan petualangan di Allianz Ecopark dengan melihat Kano, paintball, outbond, rumah energy, rumah lebah. Nglihat doang sih saya nggak nyobain, hehe!

Kita juga bisa masuk ke mini zoo secara gratis. Lumayan di dalam mini zoo bisa sambil duduk-duduk sembari mengeringkan keringat menikmati angin semilir. Cuma kalau misal mau sewa aneka permainan di mini zoo ini dikenakan biaya sesuai dengan list price.

Pengalaman pertama ikut Allianz Sweat Challenge ini membuat saya ketagihan. Kabar baiknya Selama tahun 2018 ini akan dilaksanakan rutin kegiatan Allianz Sweat Challenge. Catat aja di minggu kedua dan terakhir setiap bulan akan ada kegiatan di Allianz Sweat Challenge.

Sekarang dan sampai akhir tahun 2018 kegiatan olahraga saya jadi teratur. Kabar baik ini tentu tidak akan saya nikmati sendiri. Teman-teman, tetangga yang belum tau kabar akan saya ajak untuk jalan-jalan ke ancol menikmati weekend berkualitas sambil berolahraga. Toh biaya naik busway Cuma 3500 jadi cukup ekonomis. Saran dari saya sih mending follow akun media social allianz biar update kegiatan-kegiatan yang sedang berlangsung atau yang paling penting jika ada perubahan jadwal Allianz sweat challenge.

17 thoughts on “Jaga Kesehatan Dengan Olahraga di Allianz Sweat Challenge

  1. Jadwal programnya setahun. Semoga ada waktu bulan depan untuk ikut kegiatan di Allianz Ecopark ini. Soalnya untuk tanggal 27 sudah ada agenda keluarga.

  2. Wah seru nih acaranya. Masih berlangsung sampe beberapa bulan kedepan lagi ya. Boleh deh ni kapan-kapan dicoba.

  3. Wah udah lama juga gak ikut zumba atau Yoga, terlalu malas buat olahraga. Pdhal salah satu kunci kesehatan badan adalah dengan berolahraga teratur. Pengen coba ke allianz ecopark, sepertinya menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *