5 Cara Ngabuburit Yang Bermanfaat !!

Posted on Posted in Tips and Trik
Akhirnya kita semua sudah di penghujung bulan ramadhan. Nggak terasa banget deh pokoknya. Waktu ini bergulir begitu cepat. Sampai tidak terasa lebaran sudah tinggal menunggu hitungan hari. Kendati sudah mendekati lebaran. Jangan sampai nilai ibadah puasa kita menurun akibat sibuk menyiapkan baju lebaran ya!! hehehe. Nggak apa-apa juga sih beli baju asal tidak berlebihan.
Selama bulan ramadhan tahun ini saya seringkali mengisi waktu ngabuburit dengan beberapa kegiatan. Udah pada tahu kan ya ngabuburit? Yupps,. bener banget waktu yang kita gunakan untuk menunggu buka puasa tiba. Berikut adalah 5 cara yang yang bisa anda lakukan untuk menunggu waktu buka puasa tiba.
1. Baca Al Quran
Yang satu ini adalah cara yang paling keren, plus membuat pahala puasa akan lebih barokah. Ya iya lah bulan ramadhan kan bulan diturunkannya Al Quran. Oleh karen itu bulan ramadhan sering disebut bulan Nuzulul Quran.  

Sembari kamu menahan lapar dan dahaga karena berpuasa. Mending waktu menjelang berbuka dipake buat tilawah. Lumayan kan dapat satu juz Al Quran. Kalau setiap hari dapat satu juz. Komplit deh sebulan jadi khatam. Pahala puasa dapat, pahala baca Al Quran dikalikan 10 kali kebaikan. Menang banyak deh jadinya.
Oh ya sekedar informasi kalau pengen jadwal membaca Al Quran kamu rutin dan konstan setiap hari. Mending ikut program Odoj. Di setiap kabupaten InsyaAllah ada kok pengurusnya. Cari aja informasi dari teman-temanmu atau bisa juga cari grup Facebooknya. Tinggal kamu pilih tuh program satu hari satu juz. Tapi kalau nggak kuat ya pilih aja odalf (satu hari setengah juz). Kalau masih belum kuat juga ya pilih satu hari satu lembar Al Quran.  Itu kalau kamu nggak malu. Inget umur lah ya hehehe.
2. Hadir ke majelis ilmu
Nah di bulan ramadhan biasanya di masjid atau langgar banyak sekali yang mengadakan kajian. Entah itu tentang Sirah nabawiyah, fiqih, tajwid atau hal lain yang membuat pengetahuan agama kita meningkat. Syukur juga kalau setelah kajian ada takjil dari masjid. Jadi sekalian buka kemudian shalat magrib berjamaah di masjid.

3. Latihan memanah
Kegiatan ini sempat saya jalani, meskipun Cuma sekali sih,. Tapi ada niatan saya untuk melanjutkan latihan rutin. Memanah adalah olahraga yang di sunnahkan selain berenang dan berkuda. Selain itu kita juga bisa melatih kemampuan untuk fokus membidik sasaran. Biar nggak sering gagal fokus aja sih !! hehehe


4. Bersepeda
Alhamdulillah kemarin baru dapat sepada baru. Jadi sering bersepeda mengelilingi kota suka-suka sembari menunggu waktu berbuka. Lumayan sambil menikmati udara ramadhan di sore hari sambil menghirup udara segar. Nggak usah jauh-jauh ya kalau bersepeda sambil ngabuburit entar pingsan di jalan lho.
5. Berburu Menu Buka Puasa
Nah kalau ini saya lakukan waktu jadi mahasiswa dulu. Keliling komplek cari makanan buat berbuka. Maklum di kost nggak ada yang masakin. Kalau lagi beruntung kadang juga dapat takjil gratis dari lembaga atau organisasi kemasyarakatan. Kadang juga dapat takjil gratis dari masjid dekat kost, atau tempat tetangga yang lagi hajatan. Tetapi jangan sampai momen berbuka jadi ajang balas dendam dengan makan yang berlebihan. Sampai perut penuh dan akhirnya ngantuk, nggak bisa ikutan shalat teraweh karena ketiduran. 

Di detik-detik menjelang lebaran idhul fitri ini marilah kita mawas diri. Meminta ampunan atas segala dosa yang telah kita perbuat. Apakah amalan bulan ramadhan ini sudah maksimal. Ataukah kita hanya disibukkan dengan aktivitas mengejar dunia dengan segala antah brantahnya.  Satu hal yang menjadi harapan saya adalah bisa dipertemukan di bulan ramadhan tahun depan. Amin ya robbal alamin 

4 thoughts on “5 Cara Ngabuburit Yang Bermanfaat !!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *