Uncategorized

2 Harapanku Atasi Macet Jakarta

         Bayangkan anda dalam posisi macet dengan suara bising kendaraan disertai dengan asap knalpot yang menusuk hidung. Udara pun semakin panas, keringat terus bercucuran di leher dan badan. Suara klakson dari pengguna jalan yang kurang sabar semakin membuat bising. Sementara kendaraan anda tak kunjung keluar dari jebakan macet. 

       Kejadian seperti ini pasti pernah dirasakan oleh pengguna jalan di Ibukota. Lalu lintas macet Jakarta sudah menjadi penyakit kronis yang tidak kunjung ditemukan obatnya. Hal demikian sering membuat kita kesal, marah, uring-uringan bahkan sampai frustasi. Dari Kejadian ini,, ada 2 harapan dari penulis yang bisa dilakukan oleh Ditlantas Polda Metro dalam upayanya mengentaskan kemacetan di ibukota :
               1. Komunitas Anti Macet Jakarta
Untuk mengatasi kemacetan di Jakarta harus ada kerja sama komprehensif dari semua elemen. Tidak hanya Ditlantas Polda Metro yang bekerja keras untuk mengurai kemacetan. Masyarakat juga harus memberikan sebuah sumbangsih terhadap solusi kemacetan.  Harapan penulis adalah ada sebuah komunitas pemerhati kemacetan yang dibentuk oleh Ditlantas Polda Metro yang beranggotakan masyarakat umum terutama masyarakat yang peduli dengan kondisi kemacetan Jakarta. Komunitas ini di bawah arahan dan bimbingan Ditlantas Polda Metro. Kegiatan yang bisa dilakukan oleh komunitas anti macet ini antara lain bisa saling berbagi kondisi lalu lintas melalui media sosial sehingga ada interaksi yang menguntungkan antara komunitas dan pengguna jalan. sosialisasi peraturan lalu lintas dari mulut ke mulut, diskusi solusi kemacetan dengan mengadakan kopdar komunitas yang dihadiri Ditlantas Polda metro. Melalui sebuah komunitas diharapakan kinerja Ditlantas Polda metro sedikit terbantu dalam usahanya untuk mengurai kemacetan
2. Hilangkan SIM Instans
Entah seperti apa regulasi yang resmi dan sanksi jika ada oknum yang memanfaakan SIM instans atau langsung jadi ini. Seyogyanya pembuatan SIM merupakan sebuah media bagi pengguna jalan mengerti dengan peraturan berkendara dan rambu-rambu lalu lintas. Harapan penulis hilangkan kejadian seperti itu. Jadikan pembuatan SIM memang benar-benar sebagai media bagi pengguna kendaraan bermotor untuk belajar berlalu lintas dengan serangkaian tes yang dijalani ketika pembuatan SIM mulai dari tes tertulis sampai praktek.  


12 thoughts on “2 Harapanku Atasi Macet Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *